Jumat, 3 Juli 2009 16:45 WIB News Share :

MA
PK hanya dapat diajukan sekali

Jakarta–Buronan kasus Bank Bali, Joko Tjandra mengajukan permohonan PK atas PK yang diajukan jaksa. Menurut Ketua MA Harifin A Tumpa, PK hanya dapat diajukan satu kali saja.

“UU menyatakan permohonan PK hanya satu kali,” tegas Harifin di ruang kerjanya, Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, (3/7).

Meski begitu, Harifin mengakui jika Pengadilan Negeri (PN) terkadang suka sulit menolak jika ada pemohon yang mengajukan PK. PN akan dianggap telah menghalang-halangi termohon.

“Kalau ada seperti ini biarkan saja berjalan, nanti biar MA yang mengambil sikap,” katanya.

Harifin juga menjelaskan, PK yang diajukan jaksa untuk terdakwa Joko dan Syahril Sabirin diperbolehkan. Meski untuk mengajukan itu harus ada syaratnya.

Jaksa harus sanggup meyakinkan hakim agung jika ada kepentingan negara atau umum yang dapat ditegakkan. Harifin mengambil contoh kasus terbunuh aktivis HAM, Munir.

“Karena menyangkut kepentingan umum, sorotan HAM ada suatu kepentingan umum. Jadi tidak semua (bisa diterima),” pungkasnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
EDITOR FISIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…