Jumat, 3 Juli 2009 13:49 WIB Feature,Ekonomi Share :

BI Rate kembali turun jadi 6,75 persen

Jakarta–Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuannya (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 6,75 persen. Penurunan BI Rate ini mempertimbangkan kondisi perekonomian global Triwulan II-2009 yang mulai pulih.

“Kami memutuskan untuk menurunkan BI Rate 25 bsp dari 7 persen menjadi 6,75 persen,” kata Pjs Gubernur BI Miranda Goeltom, di sela-sela jumpa pers, di gedung BI, Jakarta, Jumat (3/7).

Miranda mengatakan saat ini di negara maju, tanda-tanda awal stabilisasi pemulihan ekonomi sudah berlangsung. Di negara emerging, pemulihan ekonomi semakin menunjukkan penguatan seperti dialami China, India dan Korea Selatan.

“Kecenderungan perekonomian global yang membaik memberikan dampak positif terhadap kinerja ekonomi Indonesia dalam triwulan II-2009,” ujarnya.

Selain itu, penurunan BI Rate juga mempertimbangkan kondisi dalam negeri yang sudah mulai pulih akibat dampak krisis ekonomi global. Inflasi terus meurun, nilai tukar rupiah stabil, dan stabilitas sistem perbankan nasional tetap terjaga. “Dengan penurunan BI Rate, diharapkan bisa mempercepat penyaluran kredit dan meningkatkan pertuimbuhan ekonomi,” tuturnya.

Kompas/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…