Foto
Kamis, 2 Juli 2009 - 15:54 WIB

PT KA uji coba kereta Argo Prameks eksekutif

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PT Kereta Api (KA) meluncurkan kereta api Argo Prambanan Ekspres (Prameks) kelas eksekutif jurusan Solo-Yogyakarta. Uji coba pengoperasian armada kereta tersebut bakal dilakukan kali pertama pada Sabtu-Minggu (4-5/7).

Kepala Humas PT KA Daop VI Yogyakarta, Eko Budianto mengemukakan kereta Argo Prameks eksekutif yang berkapasitas hingga 400 penumpang tersebut dijalankan dengan jadwal pemberangkatan kereta luar biasa (KLB) jurusan Solo-Yogyakarta dengan frekuensi sebanyak dua kali pulang-pergi (PP).

Advertisement

“Kereta Argo Prameks eksekutif ini sengaja ditawarkan untuk melayani keperluan angkutan penumpang eksekutif. Uji coba kereta tersebut akan dilakukan pada Sabtu-Minggu (4-5/7). Selain untuk meningkatkan pelayanan PT KA kepada masyarakat, pengoperasian kereta itu diharapkan bisa menarik minat wisatawan, terutama dari mancanegara memanfaatkan jasa angkutan kereta api,” ujar Eko ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/7).

Kepala Stasiun Solo Balapan, Sugiyanto menyebutkan rangkaian kereta Argo Prameks eksekutif tersebut memanfaatkan armada kereta Argo kelas eksekutif yang rangkaiannya terdiri atas delapan kereta kelas I, satu kereta makan kelas satu dan satu kereta pembangkit.

“Untuk pengoperasian kereta Argo Prameks eksekutif ini digunakan armada kereta Argo yang selama ini hanya dipakai untuk mengangkut penumpang pada jam-jam tertentu saja. Sebab sayang kalau kereta Argo tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Untuk saat ini, armada kereta tersebut sudah tersedia di Stasiun Solo Balapan dan siap untuk dioperasikan,” ungkap Sugiyanto.

Advertisement

Harga karcis kereta Argo Prameks eksekutif yang akan diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan langsung menuju Stasiun Yogyakarta tersebut senilai Rp 20.000 per penumpang. Namun ditegaskan Sugiyanto, pembelian karcis kereta tersebut hanya bisa dilakukan pada hari H keberangkatan kereta.

Menurut Eko, pengoperasian kereta Argo Prameks tersebut baru dijadwalkan untuk keberangkatan pada Sabtu-Minggu (4-5/7).

“Untuk kali pertama pengoperasian kereta Argo Prameks eksekutif ini kami ingin melihat respons dari masyarakat terhadap keberadaan kereta Argo Prameks eksekutif ini. Bila nantinya animo dari masyarakat bagus, kami berencana akan mengoperasikan kereta tersebut untuk melayani kebutuhan masyarakat akan angkutan kereta eksekutif khusus jurusan Solo-Yogyakarta,” papar Eko.

sry

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif