Kamis, 2 Juli 2009 21:18 WIB News Share :

Gempa berkekuatan 5,4 SR guncang Sumbar

Padang–Gempa tektonik berkekuatan 5,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang wilayah pesisir pantai dan daratan Sumatra Barat, Kamis, sekitar pukul 15.51 WIB, dengan kedalaman 10 km.

Staf BMG Padang Panjang, Neti, ketika dikonfirmasi dari Padang, Kamis, menyebutkan titik koordinat gempa pada 0,95 Lintang Selatan (LS) dan 100,27 Bujur Timur (BT) dengan posisi delapan km barat daya Padang.

Guncangan gempa dirasakan pada beberapa kabupaten dan kota di Sumbar, namun tidak berpontensi menimbulkan tsunami.

Data yang dihimpun ANTARA pada sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar, getaran akibat gempa itu cukup keras dirasakan di Padang.

Selain itu, guncangan gempa juga dirasakan warga Pasaman Barat, Padang Panjang, Sawahlunto dan Solok Selatan.

Jefri, warga Pasaman Barat, menyebutkan guncangan gempa dirasakan tetapi hanya berlangsung sebentar. Sejumlah warga, katanya, sempat berhamburan ke luar rumah. Bahkan, di Kota Padang guncangan cukup keras sehingga membuat warga berhamburan ke luar rumah dan perkantoran.

Yati, warga Padang, mengaku dikagetkan saat gempa terjadi, karena tiba-tiba bumi terasa bergoyang dan cukup dirasakan.

“Awak…(saya) tengah tidur dan terasa gempa kencang sehingga tepaksa lari keluar sembali menyalamatkan anak-anak,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh adanya kerusakan ataupun korban jiwa akibat guncangan gempa tersebut.     
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…