Kamis, 2 Juli 2009 14:43 WIB Internasional Share :

Diduga, Korut akan tembakkan rudal jarak pendek

Seoul–Korea Utara diduga akan menembakkan rudal jarak pendeknya ke lepas pantai timur negara tersebut, setelah mengeluarkan peringatan terbaru agar beberapa daerah tersebut bebas dari lalu lintas kapal.

“Ada dugaan keras bahwa Korea Utara akan meluncurkan rudalnya” dari pangkalan-pangkalan di provinsi timur Kangwon dan Hamkyong Selatan, kata surat kabar JoongAng Ilbo mengutip satu sumber intelijen.

Negara komunis itu telah menantang dan membalas kecaman Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atas peluncuran roket jarak jauhnya April lalu, dan uji coba senjata nuklir Mei, dengan bersumpah akan meningkatkan pertahanannya.

Sumber itu mengatakan, Korea Utara tampaknya akan menembakkan rudal Scud-B yang berjangkauan tembak 340 kilometer, atau rudal Rodongs yang berjarak tembak 1.300 kilometer yang tampaknya akan dikurangi sekitar 400 kilometer untuk pengujian putaran ini.

Rudal dari daratan ke kapal dengan jarak tempuh 140 kilometer juga mungkin akan ditembakkan, kata sumber itu.

Para perwira Kementerian Pertahanan menolak untuk memberikan komentar. Seorang pejabat militer dikutip kantor berita Yonhap mengatakan, tidak ada tanda-tanda persiapan peluncuran rudal jarak sedang dalam waktu dekat mendatang.

Kendaraan-kendaraan pengusung alat peluncur belum tampak di satu pangkalan rudal di kota kecil Anbyon, kata perwira militer yang tak disebutkan namanya.

“Mereka melaksanakan latihan pasca komando biasa di pangkalan rudal, namun kami akan mengamati secara ketat jika mereka akan menembakkan rudal jarak pendeknya pada lain kesempatan,” kata pejabat itu.

Korea Utara mengeluarkan peringatan terbaru kepada Jepang, Rabu, agar membersihkan beberapa wilayah lepas pantainya, selama latihan militer sampai 11 Juli, kata Pasukan Panjaga Pantai Jepang.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…