News
Rabu, 1 Juli 2009 - 12:12 WIB

Jelang Pilpres, SBY minta Polri tingkatkan kewaspadaan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sepekan menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 8 Juli 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Dalam pidatonya pada peringatan Hari Bhayangkara ke-63 di Halaman Gedung Babinkam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/7), Presiden juga meminta jajaran Polri untuk meningkatkan koordinasi dengan TNI yang bertugas mendukung Polri dalam tugas pengamanan Pilpres 2009.

Advertisement

“Memasuki tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 8 Juli 2009 mendatang, saya minta segenap jajaran Polri untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk menjalankan tugas khusus mengamankan Pemilu 2009,” tuturnya.

Presiden meminta Polri agar memberikan pelayanan keamanan terbaik agar Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 dapat berlangsung lancar, aman, dan tertib, sebagaimana pelaksanaan Pemilu Legislatif pada April 2009.

Namun, Presiden Yudhoyono mengingatkan, langkah pengamanan Pilpres 2009 yang dilakukan Polri harus mendahulukan cara persuasif daripada cara represif.

Advertisement

Tindakan tegas oleh Polri, lanjut dia, hanya diperlukan apabila ketertiban dan keamanan publik sungguh terganggu.

“Tindakan tegas diperlukan apabila ketertiban dan keamanan publik sungguh terganggu, dan keamanan negara terancam. Namun, semuanya harus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang tengah berkembang di negeri ini,” kata Presiden.

Selain berkoordinasi dengan TNI untuk pengamanan Pemilu, maka Presiden juga meminta Polri untuk bekerja sama dengan semua komponen bangsa dan masyarakat agar tercipta suasana Pemilu Presiden 2009 yang aman, tertib, dan lancar.

Advertisement

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Kewaspadaan Pilpres Polri SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif