Soloraya
Sabtu, 27 Juni 2009 - 20:03 WIB

KPU kekurangan gudang untuk simpan surat suara Pileg

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–KPU Kabupaten Boyolali kekurangan tempat untuk menyimpan surat suara bekas Pemilu Legislatif (Pilleg) kemarin. Jumlah surat suara tak terpakai itu mencapai 2.878 karung.

Sementara ini surat suara itu disimpan di halaman depan kantor KPU dan halaman depan Aula Gedung KPU. Ruang dalam aula telah penuh untuk menyimpan logitik Pilpres berupa kotak suara dan bilik suara.

Advertisement

KPU belum bisa mengambil langkah lebih lanjut menyangkut logistik sisa tersebut selain mengumpulkan dan memasukannya ke dalam karung berdasarkan TPS, karena belum ada petunjuk dari KPU pusat. Berdasarkan pengalaman Pemilu sebelumnya, surat suara sisa itu kemungkinan  dilelang.

Anggota KPU dari Divisi Logistik dan Organisasi, Iman Firmasnyah, mengakui keberadaan surat suara di halaman depan kantor KPU sangat menganggu pandangan dan mengurangi estetika. Namun ia juga mengakui pihaknya belum bisa berbuat banyak karena tidak ada lokasi lain untuk menyimpannya.

“KPU Pusat sementara ini baru memerintahkan kami untuk mengeluarkan surat suara itu dari kotak suara karena akan dipakai untuk Pilpres. Selanjutkan diapakan surat suara itu, belum ada petunjuk lebih lanjut,” ujarnya Jumat (26/6).

Advertisement

Hal senada diutarakan anggota KPU lainnya, Purwanto. Anggota Divisi Hukum ini mengatakan perlu dicarikan tempat lain untuk menyimpan surat suara sisa. Di tempat penyimpanan yang digunakan saat ini surat suara sisa rawan terkena air hujan karena tidak tertutup sepenuhnya.

“Kalau sudah basah, harganya jatuh, tidak bernilai lagi,” ujar Purwanto.

kha

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif