Kamis, 25 Juni 2009 14:26 WIB Internasional Share :

Senat AS setujui pemberian bantuan dana US$1,5 miliar/tahun ke Pakistan

Washington–Senat AS menyetujui pemberian bantuan dana ke Pakistan sebesar US$1,5 miliar setiap tahun selama lima tahun mendatang. Ini merupakan bagian dari rencana pemerintahan Presiden AS Barack Obama untuk memerangi ekstremisme dengan pembangunan ekonomi.

Dana US$1,5 miliar per tahun itu akan mencakup dana untuk sekolah-sekolah Pakistan, sistem kehakiman, parlemen dan badan-badan penegakan hukum.

“Legislasi ini menandai satu langkah penting menuju kerjasama ekonomi dan politik yang berkesinambungan dengan Pakistan,” kata Senator Richard Lugar, figur senior Partai Republik di Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (25/6).

Bantuan dana tersebut akan mencakup US$ 300 juta untuk bantuan militer tahunan selama tahun 2010-2013. Pengucuran bantuan ini disetujui Senat AS di tengah persiapan militer Pakistan untuk melancarkan serangan besar-besaran terhadap pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud, seorang sekutu jaringan teroris Al Qaeda.

Mehsud dituduh mendalangi serangkaian pengeboman di Pakistan. Termasuk pembunuhan mantan perdana menteri Pakistan Benazir Bhutto pada tahun 2007.

Untuk memerangi kelompok Taliban di Pakistan, militer AS belakangan ini kian kerap melancarkan serangan militer di dalam wilayah Pakistan. Bahkan dalam serangan terbaru di Pakistan, puluhan nyawa melayang akibat gempuran udara AS.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…