Kamis, 25 Juni 2009 15:54 WIB News Share :

KPU kembalikan anggaran debat Capres

Jakarta–Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengembalikan ke kas negara sisa dana penyelenggaraan debat capres dan cawapres di stasiun televisi yang dianggarkan sebesar Rp 750 juta.

Anggota KPU I Gusti Putu Artha di Jakarta, Kamis (25/6), mengatakan, dari alokasi Rp 750 juta itu, KPU hanya menggunakan sebagian kecilnya karena jika digunakan seluruhnya juga tidak cukup untuk lima kali debat capres dan cawapres.

Ia menjelaskan, untuk lima kali penyelenggaraan debat presiden dan cawapres di lima stasiun televisi, KPU mengalokasikan dana sekitar Rp 750 juta. Artinya, setiap kali debat disediakan dana sekitar Rp 150 juta untuk sewa tempat, satelit, honor moderator, konsumsi dan biaya lain-lain.

Akan tetapi, kata dia, uang tersebut tidak akan cukup untuk menyewa tempat dan satelit untuk lima kali debat, belum lagi dengan biaya yang lainnya.

Oleh karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak stasiun televisi bahwa setiap 30 menit akan ada waktu jeddah untuk iklan komersial.

“Sehingga kami hanya dibebani untuk memberi honor moderator, kemanan dan biaya konsumsi serta transpotasi yang jumlahnya di bawah Rp 50 juta setiap kali debat,” katanya.

Hal itu juga mempermudah dalam mempertanggungjawabkannya, karena anggarannya di bawah Rp 50 juta dan tidak perlu ditender.

ant/fid

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…