Senin, 8 Juni 2009 08:01 WIB Karanganyar Share :

Pemkab garap tiga pilar pendidikan

Karanganyar (Espos)–Untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus menjadikan pendidikan sebagai wahana pengembangan kehidupan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bakal mengembangkan tiga pilar pendidikan di semua sekolah, yang meliputi excellent school, health school dan green school.

Menurut Bupati Karanganyar Rina Iriani, excellent school merupakan program untuk membuat sekolah unggulan di wilayah Bumi Intanpari, di antaranya dengan membuat rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) dan juga sekolah berstandar internasional (SBI).

“Beberapa sekolah telah mengembangkan keahlian tertentu sebagai program unggulan sekolahnya. Contohnya di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar saat ini memiliki program unggulan teknologi informasinya,” kata Bupati, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Karanganyar, Iskandar, Senin (8/6).

Sementara health school atau sekolah sehat, kata dia, bukan semat-mata untuk menciptakan anak didik yang sehat secara fisik, melainkan juga sehat lingkungan dan mentalnya. Sejumlah kebijakan untuk menjalankan program ini antara lain larangan bagi siswa membawa HP di lingkungan sekolah. Selain itu, pemberlakuan jam wajib belajar bagi semua siswa mulai pukul 19.00-21.00 WIB.

“Kalau green school atau sekolah hijau, prinsipnya paling tidak pada 2009 ini tiap satu orang murid bisa menanam tanaman satu batang di lingkungan sekolah setempat. Selanjutnya bakal dikembangkan ke radius dalam kota di sekitar sekolah, di mana tiap satu murid diwajibkan menanam tiga batang pohon.

dsp

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…