Senin, 8 Juni 2009 08:27 WIB News,Feature Share :

Menhan
RI tak akan mengalah soal Ambalat

Jakarta–Menteri Pertahahan Juwono Sudarsono menegaskan, Indonesia tidak akan mengalah atau menyerah begitu saja di Blok Ambalat di Laut Sulawesi, yang diklaim oleh Malaysia.

“Kami tidak akan tawar-menawar mengenai ini. Kami akan kerahkan upaya diplomasi dengan gelar kekuatan yang terukur untuk mempertahankan hak daulat RI di Ambalat,” katanya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi I (bidang pertahanan dan luar negeri) DPR RI di Jakarta, Senin (8/6).

Juwono dalam rapat kerja yang juga dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, posisi Indonesia secara hukum sangat kuat sesuai Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS) 1982. Karena itu, tidak ada alasan bagi Indonesia untuk menyerah di Blok Ambalat.

Menhan menegaskan, RI juga tidak akan gentar dengan segala bentuk manuver atau provokasi yang dilakukan Malaysia. “Mari kita menghadapi ini dengan tenang, sabar dan profesional, baik melalui perundingan maupun gelar kekuatan yang terukur,” katanya.

Juwono mengatakan, jika Indonesia sampai terpancing hingga melancarkan tembakan ke kapal-kapal perang Malaysia, maka akan disalahkan oleh dunia internasional.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…