Sport
Minggu, 7 Juni 2009 - 05:49 WIB

Tiga besar Asia raih tempat di Piala Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Singapura–Austalia, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) berpesta, Minggu, setelah mereka memasikan masuk putaran final Piala Dunia, dan sekaligus memantapkan julukan mereka sebagai tim-tim sepak bola terbaik Asia.

Jepang memastikan sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia yang akan berlangsung di Afrika Selatan setelah menang tipis 1-0 atas Uzbekistan di Tashkent, berkat gol yang dicetak Shunji Okazaki pada menit kesembilan dalam pertandingan di Grup A.

Advertisement

Australia bergabung dengan Jepang setelah tim itu bermain imbang tanpa gol melawan Qatar di Doha untuk tetap sebagai tim tak terkalahkan setelah enam pertandingan mereka, untuk mengumpulkan anga sama dengan Jepang dengan 14 poin.

Kedua tim itu masih memiliki sisa dua pertandingan, namun yang menjadi fokus sekarang adalah siapa yang bakal meraih playoff ketiga dari grup ini, dimana Bahrain menjadi favorit.

Advertisement

Kedua tim itu masih memiliki sisa dua pertandingan, namun yang menjadi fokus sekarang adalah siapa yang bakal meraih playoff ketiga dari grup ini, dimana Bahrain menjadi favorit.

Bahrain saat ini memiliki tujuh poin, unggul atas Qatar yang memiliki lima dan Uzbekistan empat, dengan masih memiliki satu pertandingan di tangan. Tim itu akan bertandang ke Australia Rabu mendatang dan kemudian menjamu Uzbekistan pada 17 Juni.

Di Grup B, Korut juga memastikan tampil untuk tujuh kali berturut-turut di putaran final Piala Dunia setelah tim itu menang 2-0 atas Uni Emirat Arab di Dubai.

Advertisement

Sedangkan Arab Saudi yang tidak bermain pada Sabtu, sedang menunggu untuk lolos ke putaran final.

Tim itu memiliki 11 poin di bawah Korut yang memiliki 14 poin, atau satu posisi dibelakang Korut, namun masih memiliki satu pertandingan di tangan.

Iran memiliki tujuh poin, namun peluang mereka untuk bisa lolos kualifikasi tipis setelah hanya bisa bermain imbang melawan Korut di Pyongyang.

Advertisement

Arab Saudi akan menghadapi Korsel di Seoul pada Rabu, kemudian akan menjamu Korut pada 17 Juni.

Dua tim posisi ketiga di setiap grup, masing-masing akan melakukan pertandingan playoff, dan pemenang akan menghadapi Selandia Baru untuk meraih sisa tempat di putaran final.

Pelatih Jepang Takeshi Okada memuji para pemainnya yang telah bekerja keras dalam membawa tim mereka empat kali berutur-turut masuk putaranfinal Piala Dunia.

Advertisement

“Saya berterima kasih kepada seluruh pemain untuk kerja keras mereka,” kata Okada.

“Ini pertandingan berat, seperti yang kami perkirakan, dan para pemain kami bertarung dengan ketat hingga akhir pertandingan. Mereka telah menunjukkan mental kuat mereka ketika lawan kami berniat merusak permainan kami,” katanya.

“Ini hanya awal dari kami, kami senang kami banyak mendapat kesempatan,” tambahnya.

Sementara itu pelatih Australia Pim Verbeek juga menyatakan gembira setelah melihat timnya masuk putaran final untuk kedua kalinya berturut-turut.

“Kami sekarang masuk putaran final dan kami punya perjalanan panjang sebelum bertanding di Piala Dunia,” kata pelatih asal Belanda itu.

“Meskipun sudah lolos kami masih harus bertanding lagi melawan Bahrain untuk menang,” tambahnya.

 

Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Asia Lolos
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif