Foto
Sabtu, 6 Juni 2009 - 15:50 WIB

TNI AL siap bertempur pertahankan Ambalat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Manado–TNI AL siap bertempur untuk mempertahankan wilayah Ambalat, dari intervensi Malaysia.  Wakasal Laksamana Madya, Moekhlas Sidik, mengemukakan hal itu di Manado, Sabtu (6/6), saat meninjau kesiapan pelaksanaan Sail Bunaken 2009.

“Status ambalat  saat ini selalu diutak atik Malaysia. Meski begitu, kami menyatakan kalau TNI AL tetap mendukung semua cara pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” katanya.

Advertisement

Pemerintah Indonesia, jelas Moekhlas, lebih memilih menempuh jalan dialog dan perundingan, untuk membahas persoalan Ambalat daripada berperang.

“TNI AL ini hanya menjalankan apa yang diperintahkan. kalau disuruh menembak ya ditembak, kalau tidak, ya diam,” katanya.

Tetapi Wakasal memastikan, TNI AL sebagai penjaga laut Indonesia, siap membela kedaulatan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetapi mereka tetap ikut aturan mainnya.

Advertisement

Mengenai masalah lainnya, ujar Moekhlas, bukan otoritas TNI AL untuk berbicara, yang paling penting justru adalah bagaimana menjaga perbatasan Indonesia tersebut.

Kasus Ambalat kembali menghangat pekan ini, karena adanya manuver kapal Angkatan Laut Malaysia.

Angkatan Laut Indonesia berkali-kali harus kerja ekstra keras untuk menjaga, pulau yang selalu menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia tersebut.

Advertisement

Wakasal berada di Manado dalam rangka simulasi sailing pass atau parade kapal, yang diikuti tiga kapal dari Pelabuhan Bitung ke Pelabuhan Manado.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Ambalat Siap Tempur TNI AL
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif