Sabtu, 6 Juni 2009 11:11 WIB Internasional Share :

Pusat perawatan anak terbakar, 29 Orang tewas

Mexico City–Sedikitnya 29 anak meninggal, termasuk banyak yang sesak nafas setelah suatu kebakaran melalap  pusat perawatan anak di negara bagian perbatasan Sonora, Meksiko barat laut, kata polisi setempat.

“Kami masih mengusung tubuh-tubuh mereka keluar,” kata seorang juru bicara kantor kejaksaan setempat, Jose Larrinaga, tak lama setelah kebakaran terjadi.

Laporan-laporan radio mengatakan terdapat banyak bayi yang baru lahir di bagian dari pusat itu, di mana kebakaran menyebabkan atapnya roboh.

Media lokal melaporkan, bahwa 176 anak berada di dalam pusat perawatan anak  ABC, ketika api mengamuk pada seikitar pukul 15:00 waktu setempat di rumah sakit pemerintah Hermosillo.

Para penyelidik pemerintah berlarian menuju ke tempat kejadian, menyusul para petugas pemadam kebakaran, petugas Palang Merah dan polisi, menurut pernyataan polisi.

Pers setempat mengatakan, bahwa para penduduk kota itu juga membantu menghadapi kecelakaan yang meningkat dengan cepat.

Asal kebakaran pada Jumat malam itu masih belum jelas. Media setempat menduga kebakaran dimulai dari dalam toko ban di sebelahnya. Tapi tudingan tersebut cepat dibantah oleh pemiliknya, menurut laporan-laporan berita.

Para tenaga medis memindahkan lima anak yang telah diindentifikasikan oleh orang tua mereka ke rumah sakit anak-anak milik negara di Sonora, kata seorang petugas medis kepada AFP.

Sedikitnya 30 anak dengan luka bakar serius dipindahkan semalam ke satu rumah sakit khusus di seluruh perbatasan di Arizona, menurut suratkabar El Imparcial.

Pusat perawatan anak itu adalah milik jaringan keamanan sosial Meksiko. Kantor kepresidenan Meksiko mengatakan dalam pernyataannya bahwa Presiden Felipe Calderon menyatakan ”sangat bersedih”.

Calderon menyerukan kepada direktur keamanan sosial nasional, Daniel Karam Toumeh, untuk secara pribadi mengunjungi para keluarga dan anak-anak yang cedera di tempat kejadian, kata pernyataan menambahkan.

Pemerintah federal mengirimkan tiga mobil ambulan dan lebih dari selusin dokter spesialis ke tempat kejadian, kata pernyataan tersebut.

Gubernur negara bagian itu, Eduardo Bours, sedang berada di Arizona ketika kebakaran terjadi, dan bertolak ke Hermosillo pada malamnya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…