Foto
Sabtu, 6 Juni 2009 - 16:42 WIB

75.000 Peserta ikuti UMB-PTN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sekitar 75 ribu calon mahasiswa di seluruh Indonesia, Sabtu (6/6), mengikuti Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) di 12 tempat di seluruh Indonesia.

“Jumlah siswa tersebut mengikuti seleksi untuk merebutkan 7.793 kursi di tujuh universitas negeri di Indonesia,” kata Koordinator I UMB-PTN, Sutjipto, di Jakarta, Sabtu.

Advertisement

Peserta yang mengikuti ujian ini menurun sekitar 25 persen dari ujian tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 98 ribu orang.

Tujuh universitas peserta UMB-PTN ini adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Universitas Islam Negeri Makassar.

“Jumlah universitas yang mengikuti UMB-PTN ini bertambah dari jumlah pada 2008, yaitu lima universitas,” kata Sutjipto.

Advertisement

Dilihat dari biaya yang dikeluarkan oleh calon mahasiswa, katanya, penyelenggaraan UMB-PTN ini termasuk meringankan masyarakat.

“Biaya pendaftaran untuk program IPA dan IPS sebesar Rp 200 ribu dan Rp 225 ribu untuk program IPC. Calon mahasiswa dapat memilih empat program studi yang diminati. Artinya, mendaftar satu program studi cukup dengan Rp 50 ribu,” katanya.

UMB-PTN ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu (6/6) dan Minggu (7/6). Pada hari pertama ujian, soal yang diujikan adalah pengetahuan dasar, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Advertisement

Pada hari kedua, peserta ujian akan menjawab soal-soal yang sesuai pilihan. Bagi IPA, akan diujikan soal-soal Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan IPS akan diujikan soal Ekonomi, Sejarah dan Geografi.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Indonesia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif