Jumat, 5 Juni 2009 17:11 WIB Pendidikan Share :

UGM jadi tuan rumah kontes robot nasional

Yogyakarta–Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menjadi tuan rumah Kontes Robot Nasional (KRN), 13-14 Juni,  setelah resmi ditunjuk Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Ditjen Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

“KRN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ada tambahan kategori lomba,  yaitu Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI),” kata Staf Seksi Publikasi KRN, Ilona, di Yogyakarta, Jumat.

Dalam KRSI, robot yang diperlombakan harus dapat menari mengikuti irama yang telah ditentukan, yaitu irama lagu dan tari Jaipong.

Peserta yang akan tampil pada KRSI adalah 12 tim yang berasal dari beberapa universitas, di antaranya Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Merdeka Malang, Universitas Mercu Buana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Bhayangkara Surabaya, STMIK,MDP, Palembang, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Manufaktur Astra, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Teknologi Nasional Malang.

Selain KRSI, masih terdapat dua kategori perlombaan yang rutin dipertandingkan setiap tahunnya, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

Tim yang akan tampil pada KRN  merupakan tim yang telah lolos dari masing-masing wilayah perlombaan,  yaitu Regional I, II, III, dan IV.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS),  Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya tampil sebagai pemenang pada kategori KRI dan KRCI Regional IV, UGM juga tampil sebagai juara pada kedua kategori itu di Regional III.

Pada Regional II, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung tampil sebagai juara KRI, sedang Universitas Komputer Indonesia menjadi juara di KRCI. Politeknik Manufaktur Timah UBB menjadi pemenang di KRI Regional I.

Secara keseluruhan, terdapat 24 tim yang akan tampil pada kategori KRI, 21 tim pada KRCI kategori “leged”, sembilan tim KRCI kategori “expert single”, dan 16 tim KRCI kategori “expert battle”.

Kontes robot pertama kali diselenggarakan oleh PENS pada 1993 dan berubah menjadi KRCI pada 2003.

Tim yang tampil sebagai juara pada perlombaan kontes robot tingkat nasional berhak mewakili Indonesia untuk berlaga di ABU Robocon 2009 yang akan digelar di Tokyo, Jepang pada 22 Agustus 2009.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…