Jumat, 5 Juni 2009 18:12 WIB Pendidikan Share :

Siswa SMA N 3 Solo lolos Paskibra nasional

Solo (Espos)–Maulina Sukmawatie Budiharjo, siswi SMA Negeri 3 Solo akhirnya terpilih mewakili Provinsi Jawa Tengah sebagai peserta pasukan pengibar bendera (Paskibra) nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemuda, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kelik Isnawan saat ditemui Espos, Jumat (5/6) di kantornya. Menurut Kelik, Maulina bersama dengan Muhammad Zanal Fikri dari SMA Taruna Nusantara Magelang terpilih sebagai wakil Provinsi Jateng dalam seleksi yang digelar Rabu hingga Kamis (3-4/6) di Semarang.

Menurutnya, prestasi Maulina ini menambah koleksi siswa asal Solo yang mampu menembus Paskibra tingkat nasional. “Dalam catatan kami, pada tahun 1982, 1992, 2000, 2006, 2007, dan 2009 ini, Kota Solo berhasil mengirimkan wakilnya sebagai peserta Paskibra tingkat nasional,” tutur Kelik.

Diceritakan Kelik, Kota Solo selama delapan tahun tidak berhasil mengirimkan wakilnya sebagai peserta Paskibra nasional yakni pada rahun 1992 hingga 2000. Kelik menilai, penyebab gagalnya keikutsertaan dalam Paskibra nasional itu adalah proses seleksi di tingkat kota yang belum matang.

“Dulu sistem yang kami bangun belum matang karena proses yang kami lalui hanya sesaat saja,” papar Kelik.

Kelik menilai, keberhasilan Maulina mampu menembus Paskibra tingkat nasional tidak bisa dilepaskan dari bakat yang dimiliki siswa itu. Menurutnya, ada dua hal yang menentukan keberhasilan siswa dalam menembus Paskibra nasional adalah bakat lahir siswa dan proses seleksi yang dilakukan.

m82

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…