Jumat, 5 Juni 2009 11:41 WIB News Share :

Karyawan Carrefour Maguwo Yogya mogok kerja

Yogyakarta–Puluhan karyawan Carrefour Maguwo (Ex Alfa Supermarket) mogok kerja. Mereka menuntut manajemen memenuhi hak-hak karyawan, penghapusan sistem kontrak dan outsource.

Akibat aksi pemogokan tersebut, Carrefour yang terletak di Jl Solo, Maguwo, Depok Sleman itu tutup hari ini, Jumat (5/6). Rencananya para karyawan akan melakukan aksi pemogokan kerja selama dua hari hingga hari Sabtu 6 Juni 2009.

Selain itu, akibat pemogokan banyak konsumen yang datang hendak berbelanja yang kecele. Sebab pintu masuk dibagian depan ditutup oleh karyawan. Sebagian besar karyawan yang masuk kerja pagi hari hanya duduk-duduk di depan toko dan tempat parkir sepeda motor.

Ketua Serikat Pekerja PT Alfa Retalindo, Gayudi Catur Warinto disela-sela aksi kepada wartawan mengatakan pemogokan karyawan itu dipicu oleh gagalnya perundingan antara karyawan dengan pihak manajemen di Kantor Disnakersos Sleman pada tanggal 7, 18 dan 28 Mei 2009. Dalam beberapa pertemuan ada keinginan manajemen yang akan mengikis dan menhilangkan keberadaan Perjanjian Kerja Bersama.

“Itu yang kami tolak, pertemuan tersebut tidak ada titik temu sehingga karyawan memilih melakukan mogok kerja selama dua hari,” katanya.

Catur mengatakan pihaknya menuntut agar manajemen menyudahi pelanggaran Perjanjian Kerja Bersama yang sudah disepakati. Pihaknya juga menuntut manajemen agar menjalankan perjanjian kerja bersama PT Alfa Retalindo, Tbk 2008-2010 secera keseluruhan tanpa terkecuali dengan itikad baik dan bertanggungjawab.

“Kami juga meminta dihapuskannya sistem karyawan kontrak, outsource dan magang. Sebab itu merupakan upaya untuk mendapat upah buruh murah dan sistem perbudakan gaya baru,” katanya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…