News
Jumat, 5 Juni 2009 - 16:51 WIB

Harga bawang putih dan cabai rawit merah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo(Espos)–Dalam seminggu ini, harga bawang putih dan cabai rawit merah terus melonjak. Kenaikannya mencapai Rp 3.000 per kilogram.

“Dalam seminggu ini kenaikan harga bawang putih malah hampir 100%. Malah bisa dikatakan tidak lagi naik, tetapi ganti harga. Sebab yang semula Rp 3.500 per kilogramnya, sekarang menjadi Rp 6.000,” tutur Mulyani, salah seorang pedagang bawang putih Pasar Legi ditemui Espos di tokonya Jumat (5/6).

Advertisement

Ia mengatakan, adanya lonjakan harga tersebut, sebagian besar langganannya sempat komplain terutama dari ibu-ibu rumah tangga. “Kalau yang bakul eceran maupun yang membeli dalam partai banyak seperti rumah makan dan katering sudah agak memaklumi tetapi kalau yang ibu rumah tangga mayoritas kaget dan mengurangi pembelian,” katanya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut, diduga memang seperti ada permainan. Terlebih, saat ini juga dipengaruhi kian dekatnya dengan Pilpres. Ia mengatakan, kenaikan drastis semacam ini juga pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Namun setelah dua hari tiba-tiba juga turun drastis.

“Memang seperti ada yang memainkan, beberapa pembeli pun menduga juga kenaikan sejumlah bahan sembako tak lepas dari  semakin dekatnya dengan Pilpres. Menurut prediksi pemasok, malah diperkirakan bisa mencapai kisaran harga Rp 16.000 per kilogramnya,” ujarnya.

Advertisement

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Legi, Heri Susanto juga mengatakan, kenaikan cabai rawit merah memang hampir setiap hari. Dan harganya kini menyentuh Rp 17.000, padahal minggu lalu masih Rp 14.000. Dengan kenaikan tersebut, katanya, ia pun akhirnya mengurangi stok pembelian sebab para langganan juga mengurangi pembelian.

m83

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Cabai Harga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif