News
Jumat, 5 Juni 2009 - 10:52 WIB

Amien: Indonesia tegas selesaikan Ambalat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Denpasar–Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Amien Raies mengatakan, pemerintah Indonesia hendaknya bersikap tegas dalam menyelesaikan kasus Ambalat dengan Malaysia.

“Hal itu dimaksudkan untuk mempertahankan harga diri, harkat dan bangsa Indonesia sebagai negara yang besar,” kata  Ketua DPP PAN Amien Rais sebelum mengadakan pertemuan dengan pengurus PAN se Bali dan NTB  dalam upaya memenangkan SBY-Berbudi di Sanur Kamis malam.

Advertisement

Ia mengibaratkan, Malaysia “adik junior” dari Indonesia di ASEAN, namun kadang kala lupa diri dan  berani “memegang kepala kakaknya”.

Menghadapi kondisi demikian harus dikasi pelajaran agar mereka menjadi jera.

Amien menambahkan, Indonesia sebagai negara besar, harus punya harga diri dan berani memberikan tindakan tegas kepada siapa pun yang merongrong kedaulatan Bangsa dan negara Indonesia.

Advertisement

Tindakan Malaysia yang beberapa kali memasuki kawasan NKRI hendaknya diberi peringatan keras antara lain dalam bentuk ultimatum.

“Kalau sudah lebih dari sekali, itu tandanya menantang, kita sebagai negara yang besar harus berani mengambil tindakan sekali-kali perang  saja biar tambah sehat,” ujar Amien.

Sementara Prabowo Subianto, calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan calon presiden Megawati Soekarnoputri pada acara deklarasi pengukuhan tim pemenangan Mego-Pro di Bali menilai, dalam pemecahan masalah Ambalat, bangsa Indonesia hendaknya bisa bersatu padu dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

Advertisement

Dalam melakukan tindakan hendaknya tidak emosional, selalu bersikap kalem dan percaya, bahwa pimpinan Negara Malaysia akan bertindak bijaksana.

Prabowo dalam menyelesaikan masalah Ambalat dengan Malaysia tidak setuju memamerkan kekuatan militer yang nantinya bisa memberikan dampak negatif terhadap hubungan kedua negara yang saling bertetangga.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Ambalat Amien Rais
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif