Jumat, 5 Juni 2009 10:52 WIB News Share :

Amien
Indonesia tegas selesaikan Ambalat

Denpasar–Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Amien Raies mengatakan, pemerintah Indonesia hendaknya bersikap tegas dalam menyelesaikan kasus Ambalat dengan Malaysia.

“Hal itu dimaksudkan untuk mempertahankan harga diri, harkat dan bangsa Indonesia sebagai negara yang besar,” kata  Ketua DPP PAN Amien Rais sebelum mengadakan pertemuan dengan pengurus PAN se Bali dan NTB  dalam upaya memenangkan SBY-Berbudi di Sanur Kamis malam.

Ia mengibaratkan, Malaysia “adik junior” dari Indonesia di ASEAN, namun kadang kala lupa diri dan  berani “memegang kepala kakaknya”.

Menghadapi kondisi demikian harus dikasi pelajaran agar mereka menjadi jera.

Amien menambahkan, Indonesia sebagai negara besar, harus punya harga diri dan berani memberikan tindakan tegas kepada siapa pun yang merongrong kedaulatan Bangsa dan negara Indonesia.

Tindakan Malaysia yang beberapa kali memasuki kawasan NKRI hendaknya diberi peringatan keras antara lain dalam bentuk ultimatum.

“Kalau sudah lebih dari sekali, itu tandanya menantang, kita sebagai negara yang besar harus berani mengambil tindakan sekali-kali perang  saja biar tambah sehat,” ujar Amien.

Sementara Prabowo Subianto, calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan calon presiden Megawati Soekarnoputri pada acara deklarasi pengukuhan tim pemenangan Mego-Pro di Bali menilai, dalam pemecahan masalah Ambalat, bangsa Indonesia hendaknya bisa bersatu padu dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

Dalam melakukan tindakan hendaknya tidak emosional, selalu bersikap kalem dan percaya, bahwa pimpinan Negara Malaysia akan bertindak bijaksana.

Prabowo dalam menyelesaikan masalah Ambalat dengan Malaysia tidak setuju memamerkan kekuatan militer yang nantinya bisa memberikan dampak negatif terhadap hubungan kedua negara yang saling bertetangga.

ant/fid

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…