News
Kamis, 4 Juni 2009 - 14:44 WIB

SBY: Anggaran pertahanan belum ideal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta—Presiden SBY mengakui anggaran pemerintah untuk sektor pertahanan belum ideal. Namun, SBY menegaskan bukan berarti kondisi ini menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat TNI.

“Jangan terlalu cepat (berkesimpulan) kalau pesawat jatuh, pasti
anggaranya kurang, lalu presidennya tidak punya perhatian,” kata SBY di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (4/6/2009).

Advertisement

SBY mengatakan, dengan latar belakang dirinya yang berasal dari dunia militer, sangat sulit jika ia dianggap tidak perhatian pada anggaran pertahanan.

Masalah kecelakaan pesawat seperti itu, bagi SBY, bahkan juga dialami oleh negera super power seperti AS yang memiliki anggaran pertahanan yang besar.

Anggaran pertahanan saat ini berada di posisi ketiga sebesar Rp 33,6 triliun, dari total anggaran belanja pemerintah yang mencapai Rp 1.000 triliun lebih. Sebanyak Rp 200 triliun dialokasikan untuk dana pendidikan dan kurang lebih Rp 800 triliun untuk pembayaran utang, infastruktur, pertanian, subsidi dan lain-lain.

Advertisement

“Ini belum ideal,” ujarnya.

Dengan kondisi yang belum ideal itu, untuk itu pemerintah menerapkan kebijakan pembiayaaan melalui kekuatan minimal yaitu jika ada  pengurangan anggaran biaya operasional, pemeliharaan dan gaji prajurit tidak akan diganggu gugat.

dtc/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Belum Ideal SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif