Kamis, 4 Juni 2009 15:42 WIB Sport Share :

Rp 2 miliar untuk beriklan di Kaos MU

Jakarta–Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menganggarkan dana Rp2 miliar untuk beriklan di kaos Manchester United (MU) dalam tur kesebelasan asal Inggris itu ke Asia, Juli 2009.

“Kami sudah kontrak jadi memang sudah positif, Indonesia akan menjadi salah satu ”title sponsor”,” kata Direktur Jenderal Pemasaran, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, dana sekitar Rp2 miliar itu dinilainya sepadan dengan imbal balik yang bakal didapatkan Indonesia khususnya dari sisi pariwisata.

“Kita akan mendapat banyak keuntungan dengan menjadi ”title sponsor” ini,” katanya.

Selain logo Visit Indonesia akan ditampilkan di website resmi Manchester United (MU), Indonesia juga akan mendapatkan kompensasi berupa testimoni (kesaksian) tentang Indonesia dari tiga pemain inti tim sepakbola asuhan Alex Ferguson.

“Apalagi logo kita tidak sekadar akan muncul di kaos mereka tetapi dalam setiap pertandingan mereka di Asia yang ditonton oleh lebih dari 80.000 penggemar,” katanya.

Jumlah penonton semakin berlipat ganda karena acara pertandingan itu disiarkan di televisi di beberapa negara Asia yang dikunjungi MU.

“Sudah kontrak jadi kita tinggal kasih uangnya, event organizer mereka yang akan pikirkan,” katanya.

Indonesia mendapatkan tawaran beriklan sebagai ”title sponsor” tersebut mengingat jumlah penggemar fanatik tim kebanggaan Sir Alex Fergusson di tanah air mencapai 28 juta orang atau lebih banyak daripada fans mereka di Malaysia yang hanya 4,2 juta orang.

Jumlah penggemar di Indonesia menyamai jumlah fans MU di Korea yang juga 28 juta, tidak sebanyak penggemar mereka di China yang mencapai 72 juta orang.

MU dalam waktu dekat akan melakukan Asia Tour ke empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, China, dan Korea.

“Tiga negara itu yaitu Malaysia, China, dan Korea juga merupakan pasar pariwisata utama kita. Oleh karena itu, kita juga akan memanfaatkan itu untuk promosi dengan menjadi title sponsor,” demikian Sapta Nirwandar.

Selain beriklan di MU, pihaknya juga segera beriklan melalui peran sponsor dalam pertandingan ulang tinju Chris John, di Amerika Serikat.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…