Kamis, 4 Juni 2009 12:16 WIB News,Feature,Hukum Share :

Prita terancam hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar

Jakarta–Prita Mulyasari mendapat ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Prita melakukan pencemaran nama baik dan melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Hal itu disampaikan Ketua JPU kasus Prita, Rahmawati Utami, dalam sidang perdana kasus pencemaran nama baik terhadap RS Omni International Alam Sutra, di Pengadilan Negeri Tangerang, TNT Taruna, Tangerang, Banten, Kamis (4/6).

Prita didakwa melanggar pasal 27 ayat 3 jo 45 ayat 1 UU 11/2008 tentang (ITE) dengan ancaman 6 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar. Dakwaan subsider Prita pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik dengan ancaman 1 tahun penjara.

Rahmawati Utami lantas membacakan email Prita yang dijadikan dasar dakwaan pencemaran nama baik terhadap dua dokter di RS Omni. Email Prita berbunyi

“Saya informasikan bahwa dr Hengky, dia yang merawat saya selama dirawat di RS Omni, yang praktek juga di RSCM. Saya tidak mengatakan RSCM buruk, tapi lebih berhati-hati pada perawatan medis dokter ini. Dokter Grace yang katanya penanggung jawab komplain saya itu sama sekali tidak profesional, tidak ada sopan santun dan etika mengenai pelayanan customer dan tidak sesuai standar internasional”. Email itu dikirimkan ke beberapa temannya pada 15 Agustus 2008.

“Karena emailnya ini Prita dinilai melakukan pencemaran nama baik,” kata Rahmawati.

Sidang Prita akan dilanjutkan pada 11 Juni dengan agenda eksepsi. Salah seorang kuasa hukum Prita, Syamsu Anwar mengatakan keberatan atas dakwaan JPU. Syamsu akan mengajukan eksepsi pada persidangan berikutnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…