Kamis, 4 Juni 2009 19:29 WIB Boyolali Share :

Lima mantan anggota Dewan mangkir sidang kasus korupsi

Boyolali (Espos)–Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi APBD 2004 dengan terdakwa mantan ketua DPRD, Miyono, Kamis (4/6), hanya berlangsung tak lebih dari lima menit. Lima anggota Dewan periode 1999-2004 yang direncanakan bersaksi, dalam sidang k mangkir.

Ketua majelis hakim Titik Tejaningsih SH yang memimpin jalannya sidang akhirnya memutuskan untuk menunda sidang tersebut hingga Kamis pekan depan. Kelima mantan anggota Dewan yang tak hadir itu yakni Kartono, Cipto Haryono, Sururi, Ari Sugiyarto dan Nyamin Sukarjo.

Jaksa penuntut umum, Anon Prihanto hanya mengatakan bahwa kelimanya tidak bisa hadir, tanpa menyebutkan alasan ketidakhadiran mereka. Ia mengaku pihaknya sudah berupaya mengundang para saksi tersebut.

Sementara pengacara terdakwa, Tukinu SH, menyayangkan ketidakhadiran para saksi tersebut. Ia mempersoalkan langkah dari kejaksaan yang mengirimkan surat undangan tersebut melalui pos, tidak melalui kurir. Menurutnya, pengiriman surat panggilan melalui pos tidak bisa dipertanggungjawabkan diterima atau tidaknya surat pangilan itu kepada yang bersangkutan.

“Kalau memakai kurir kan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, ada tanda terimanya,” terang dia. Tidak hadirnya saksi dalam sidang kemari, sangat dimungkinkan karena surat panggilan belum diterima yang bersangkutan.

Ia berharap untuk pemanggilan saksi berikutnya pihak kejaksaan menggunakan jasa kurir.

kha

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…