Kamis, 4 Juni 2009 16:39 WIB pilpres,Ekonomi Share :

Jelang Pilpres, pasokan barang kebutuhan pokok aman

Solo (Espos)–Menteri Perdagangan (Mendag), Mari Elka Pangestu memastikan pasokan barang-barang kebutuhan pokok di pasaran selama pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) tetap aman. Meski mengakui ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok yang dalam beberapa waktu terakhir ini mengalami kenaikan harga, Mendag membantah hal itu terjadi karena sejumlah kondisi menjelang pelaksanaan Pilpres tersebut.

“Untuk pasokan barang-barang kebutuhan pokok sampai saat ini masih aman. Ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok yang harganya naik, tapi itu tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan Pilpres melainkan karena harga barang di tingkat internasional yang mengalami kenaikan,” ujar Mendag ketika ditemui wartawan seusai mengisi seminar Global Creative-Industry Opportunity di Pedan Ball Room Hotel Sahid Jaya Solo, Kamis (4/6).

Mendag menyebutkan salah satu jenis barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga adalah minyak goreng. Menurutnya, kenaikan harga minyak goreng di pasaran bukan lantaran dipicu oleh pelaksanaan Pilpres melainkan karena harga minyak goreng di tingkat internasional saat ini mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Untuk mengendalikan harga minyak goreng di pasaran, Departemen Perdagangan (Depdag) mulai bulan Juni 2009 ini telah menerapkan bea keluar terhadap minyak goreng yang akan diimpor. Dengan adanya penerapan bea keluar tersebut diharapkan nantinya bisa mengendalikan harga minyak goreng di pasar dalam negeri,” papar Mendag.

Mendag menambahkan gula pasir juga merupakan jenis barang kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan harga. Diakuinya, naiknya harga gula pasir di pasaran disebabkan karena musim panen tebu baru dimulai dalam beberapa waktu terakhir ini.

“Saat ini mulai masuk musim giling tebu dan sudah ada beberapa daerah yang melakukan penggilingan tebu berskala cukup besar. Dengan kondisi ini diharapkan juga bisa meningkatkan pasokan gula pasir dalam jumlah yang besar sehingga harga jual gula pasir tersebut berangsur-angsur bisa turun dan lebih murah,” kata Mendag.

sry

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…