Senin, 1 Juni 2009 16:51 WIB News Share :

Wapres
Soal Ambalat Indonesia akan bertindak tegas

Jakarta–Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan Indonesia akan bertindak tegas dan siap berperang dengan Malaysia apabila memang terjadi pelanggaran terhadap kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kasus di perairan Ambalat.

“Kalau Ambalat kita tegas, kalau memang ada pelanggaran. Apabila negara kita terganggu dengan siapa saja kita bisa perang,” kata Wapres Jusuf Kalla saat ditanya wartawan di Jakarta, Senin.

Pernyataan Wapres tersebut dilontarkan terkait dengan pelanggaran wilayah perbatasan yang dilakukan kapal patroli tentara Diraja Malaysia beberapa waktu lalu.  Namun demikian Wapres menegaskan bahwa dirinya akan mengecek terlebih dahulu kepada Tentara Nasional Indonesia soal sejauh mana tingkat
pelanggaran tersebut di wilayah Ambalat tersebut.

“Kalau berlayar di sekitar itu apakah itu pelanggaran, akan kita lihat,” katanya.

Pelanggaran wilayah perbatasan satu negara, kata Wapres, akan mengganggu kedaulatan sebuah negara sehingga diperlukan tindakan tegas. Akan tetapi Kalla juga mengakui sejauh ini hubungan antarnegara berjalan cukup baik.

“Kalau dengan Pemerintahan Malaysia kita punya hubungan cukup baik dan saling kunjung,” katanya.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…