Senin, 1 Juni 2009 17:58 WIB Pendidikan Share :

UMS rintis pengelolaan jurnal internasional

Solo (Espos)–Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berniat merintis pengelolaan jurnal internasional. Upaya itu dilakukan dalam rangka peningkatan mutu penulisan jurnal bertaraf internasional.

Berkenaan dengan itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMS menggelar workshop penulisan artikel ilmiah yang bertajuk Menuju jurnal bereputasi internasional di gedung G, Senin (1/6). Workshop itu menghadirkan pembicara dari Ismail Said PhD dari Architecture Program Faculty of Built Environment University Teknologi Malaysia (UTM).

Acara itu diikuti sebanyak 40 dosen yang memiliki kualifikasi doktor, dosen yang sudah menyelesaikan penelitian dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), serta dosen yang berminat kuliah di luar negeri.

Perwakilan Panitia, Ir Indrawati MT mengatakan hingga kini prestasi dosen UMS dalam hal penulisan jurnal ilmiah belum banyak yang mampu menembus level internasional. Menurut Indrawati, kendati kemampuan menulis jurnal di kalangan dosen UMS cukup tinggi namun persaingan di level internasional diakuinya sangat ketat.

“Untuk mampu bersaing di level internasional, seseorang harus membangun track record dengan baik. Semakin tinggi kualifikasi dosen semakin ketat pula penyeleksian jurnalnya,” tandas Indrawati.

m82

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…