Minggu, 31 Mei 2009 13:07 WIB Internasional Share :

Remaja jenius dari Irak pecahkan teka-teki matematika umur 300 th

Stockholm–Seorang remaja imigran asal Irak berusia 16 tahun di Swedia, Mohamed Altoumaimi, berhasil memecahkan teka-teki matematika yang telah berumur 300 tahun. Selama 3 abad teka-teki itu tidak berhasil dipecahkan oleh para ahli matematika.

Seperti dilaporkan AFP, Kamis (28/5), dalam waktu hanya 4 bulan, Altoumaimi berhasil menemukan rumus untuk menjelaskan dan menyederhanakan apa yang disebut ”angka-angka Bernoulli.” Angka-angka ini merupakan serangkaian perhitungan yang diberi nama dengan nama ahli matematika abad 17, Jacob Bernoulli.

Tadinya prestasi Altoumaimi ini tidak dipercaya oleh guru sekolahnya di Falun, Swedia bagian tengah. “Ketika pertama kali saya menunjukkannya ke guru-guru saya, tak seorangpun percaya rumus itu berlaku,” kata Altoumaimi.

Altoumaimi kemudian bertemu dengan para profesor di Uppsala University, salah satu institusi ngetop di Swedia, dan meminta mereka memeriksa rumusnya. Setelah memeriksa, para profesor itu tahu bahwa rumus yang ditemukan Altoumaimi bisa berlaku. Mereka lantas menawari Altoumaimi kuliah di universitas tersebut.

Namun untuk saat ini Altoumaimi masih terfokus menyelesaikan sekolah menengahnya. Tahun ini dia berencana mengambil kelas matematika dan fisika tingkat mahir.

“Saya ingin menjadi peneliti fisika atau matematika. Saya benar-benar menyukai pelajaran itu. Tapi saya harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan ilmu sosial,” akunya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
NUSANTARA SAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….