Minggu, 31 Mei 2009 17:23 WIB Karanganyar Share :

Hampir 50% jalan kabupaten rusak

Karanganyar (Espos)–Hampir 50% dari total panjang jalan kabupaten yakni 810 kilometer, saat ini dalam kondisi rusak parah.

Hal ini terungkap saat sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, mulai dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Inspektorat Daerah (Inspekda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Bupati Karanganyar, Rina Iriani melakukan sidak di sepanjang jalan Mojogedang, mulai dari Kalijirak, Kaliboto, Pojok kemudian tembus ke Karangpandan, Minggu (31/5).

Kepala DPU Karanganyar, Didik Joko Bakdono belum bisa memastikan panjang ruas jalan yang mengalami kerusakan. Tetapi, beberapa titik yang mengalami kerusakan parah antara lain, Jaten,  Colomadu, Ngrawoh Kecamatan Matesih, jalan dari Kaliboto hingga Karangpandan serta Bangsri Kecamatan Karangpandan. Bupati meminta agar tahun 2010-2011 DPU konsentrasi pada perbaikan jalan dan jembatan.

“Jangan nggedabyah dengan proyek yang lain.” Selain itu, ujar Bupati, pengerjaan proyek tidak boleh setengah-setengah yang berujung pada tidak awetnya kualitas jalan. “Kalau memang hanya mampu membiayai separo, ya harus maksimal pada separo tersebut. Nanti selebihnya diselesaikan pada anggaran berikutnya.”

Tahun 2009 ini, Pemkab melalui APBD hanya memiliki anggaran sekitar Rp 3 miliar, di mana kurang lebih Rp 2,5 miliar untuk maintanance. Kendati demikian, Didik mengatakan, kemungkinannya kecil jika 2011 nanti 100% jalan kabupaten di Karanganyar bebas dari kerusakan.

haw

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…