Minggu, 31 Mei 2009 19:31 WIB Issue Share :

50 Motif batik bakal dipamerkan di SBC II

Solo (Espos)–Sebanyak 50-an motif batik bakal dipamerkan pada event bergengsi, Solo Batik Carnival (SBC) II, yang diselenggarakan 28 Juni mendatang. Untuk mempertegas kegiatan karnaval yang mendepankan ragam budaya batik Solo itu, motif tersebut bakal dipampang pada bendera berukuran kurang lebih 1 meter x 6 meter.

“Beragam motif batik, seperti parang kusumo, parang liris, parang barong, hingga parang titik akan ditampilkan pada bendera-bendera yang dibawa oleh penari-penari andal. Motif tersebut jenisnya mencapai 50-an,” terang salah satu panitia SBC II, Heru Prasetya kepada Espos, Minggu (31/5), di sela-sela acara workshop peserta SBC II, di Kompleks Balaikota Solo.

Rombongan penari yang membawa bendera bercorak batik tersebut disebutnya sebagai barisan inspirasi. Dan masing-masing penari, akan mengusung sebuah bendera dengan mengenakan busana karnaval yang memikat.

Mengingat pelaksanaan SBC II tinggal menyisakan sekitar empat pekan lagi, maka panitia SBC II pun mulai mengebut pembuatan rancangan bendera bermotif batik itu.

“Jadi mereka akan berada di barisan depan, sebagai pasukan inspirasi. Mereka akan diikuti barisan peserta yang jumlahnya mencapai 300 orang yang terbagi dalam tiga karakter tema karnaval, Topeng Gecul, Topeng Panji, dan Topeng Kelana,” lanjut pria yang akrab disapa Heru Mataya tersebut.

m74

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…