News
Sabtu, 30 Mei 2009 - 14:13 WIB

AS desak Myanmar bebaskan Aung San Suu Kyi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Singapura–Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Robert Gates, Sabtu (30/5), mendesak pemerintah militer Myanmar untuk membebaskan pemimpin pro demokrasi Aung San Suu Kyi, dan membuka kembali dialog dengan pihak oposisi.

“Kami ingin melihat perubahan nyata di Burma (Myanmar), yakni pembebasan para tahanan politik, termasuk Aung San Suu Kyi dan dibukanya kembali lembaga dialog antara junta dan oposisi,” kata Gates dalam forum pertahanan tingkat tinggi di Singapura.

Advertisement

AS, juga memperingatkan bahwa pihaknya tak bisa menerima persenjataan nuklir Korea Utara, dan menegaskan kembali komitmen Washington untuk melindungi negara-negara sekutunya di Asia dari suatu serangan yang dilakukan oleh Pyongyang.

Gates juga mengingatkan bahwa negara Stalinist itu memang tak segera mengancam AS, namun sikapnya bisa memicu perlombaan persenjataan di kawasan Asia.

“Tujuan kami adalah melakukan verifikasi perlucutan nuklir secara menyeluruh di semenanjung Korea, dan kami tidak akan menerima Korea Utara sebagai negara nuklir,” tegas Gates.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif