Jumat, 29 Mei 2009 16:33 WIB Ekonomi Share :

Pelabuhan internasional di Indonesia bakal menciut

Surabaya--Pemerintah bakal mengurangi jumlah pelabuhan internasional di Indonesia demi efisien dan efektif. Dari sekitar 200 pelabuhan internasional yang ada, akan dikurangi jumlahnya hingga 25 pelabuhan.

Hal itu dilakuan untuk mengoptimalkan standar International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code.

“Akan kita kurangi menjadi sekitar 25 saja,” ujar Menteri perhubungan, Jusman Syafii Djamal kepada wartawan dalam Exercise ISPS Code – 2009 di TPS, Jumat (29/5).

Jusman menambahkan, dari 200 pelabuhan internasional di Indonesia yang ada, tidak semuanya memiliki standar ISPS code. Padahal ISPS code sangat penting agar lalu lintas ekspor impor tetap berjalan dengan baik.

Untuk itu, pengurangan atau meminimalkan pelabuhan internasional diharapkan dapat segera memenuhi standar ISPS code bagi pelabuhan yang ditunjuk.

“Meski berstatus pelabuhan internasional, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk ekspor,” pungkas Jusman.

dtc/fid

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….