Jumat, 29 Mei 2009 13:49 WIB Internasional Share :

Australia resmi bergabung dengan ASEM

Jakarta–Australia akan bergabung dengan Pertemuan Puncak ASEM (Asia-Europe Meeting/Pertemuan Asia-Eropa) di Brussels pada 2010 setelah dibuat pengaturan secara rinci yang menyatakan dengan resmi keanggotaan Australia.

Menurut keterangan resmi, Jumat (29/5), permohonan Australia untuk bergabung dengan proses ASEM disambut baik oleh para Menteri Luar Negeri Asia dan Eropa pada pertemuan di Hanoi minggu ini.

Keikutsertaan Australia dalam proses ASEM mencerminkan komitmen pemerintah Australia terhadap keterlibatan kawasan dan multilateral dalam menghadapi tantangan ekonomi, politik dan keamanan, demikian dinyatakan dalam keterangan resmi tersebut.

Keanggotaan ASEM ini saling mengisi dengan keterlibatan Australia dengan kelompok kawasan lainnya seperti Pertemuan Puncak Asia Timur dan APEC.

Selain itu, keterlibatan pada ASEM mencerminkan komitmen Australia terhadap hubungan eratnya dengan Asia dan kemitraan yang kuat dan modern dengan Eropa.

Proses ASEM menghimpun 16 negara Asia dan Sekretariat ASEAN serta 27 anggota Uni Eropa dan Komisi Eropa.

Melalui pertemuan puncak pemimpinnya, ASEM menyediakan forum penting kepada para pemimpin kedua kawasan untuk memperkukuh hubungan ekonomi, politik dan strategis antara Eropa dan Asia.

ASEM mendorong pendekatan kawasan dan global yang efektif terhadap masalah internasional termasuk krisis ekonomi global, perubahan iklim dan pencapaian Target Pembangunan Milenium.

ant/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…