Jumat, 29 Mei 2009 10:58 WIB Internasional Share :

AS akan lawan Korut jika diperlukan

Washington–Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) kian memanas. AS bahkan bisa melawan negeri komunis itu jika memang diperlukan.

Demikian disampaikan petinggi Angkatan Darat AS, Jenderal George Casey seperti dilansir harian News.com.au, Jumat (29/5).

Ketika ditanya apakah AS akan siap untuk melawan jika perang memang terjadi antara Korea Selatan (Korsel) dan Korut, Jenderal Casey menjawab: “Jawaban singkatnya ya.”

Namun diimbuhkannya, militer AS mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk mengalihkan kekuatan dari perjuangan melawan teroris dan kelompok ekstrem yang saat ini dilakukan Angkatan Darat AS.

Militer Korut telah terang-terangan melontarkan ancaman perang terhadap Korsel dan secara tak langsung terhadap AS menyusul kecaman kedua negara itu atas uji coba nuklir yang dilakukan Korut.

Militer Korut bahkan menegaskan tak bisa menjamin keselamatan kapal-kapal Angkatan Laut AS dan Korsel yang berada di wilayah konflik Korea. Sebab negeri itu mengumumkan telah menarik diri dari perjanjian gencatan senjata dengan Korsel bertahun-tahun lampau.

Kalaupun Korut benar-benar melancarkan aksi militer terhadap Korsel, sudah dipastikan AS tidak akan tinggal diam. Sebab AS memiliki komitmen jangka panjang untuk pertahanan Korsel.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
Kami Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…