Jumat, 29 Mei 2009 10:58 WIB Internasional Share :

AS akan lawan Korut jika diperlukan

Washington–Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) kian memanas. AS bahkan bisa melawan negeri komunis itu jika memang diperlukan.

Demikian disampaikan petinggi Angkatan Darat AS, Jenderal George Casey seperti dilansir harian News.com.au, Jumat (29/5).

Ketika ditanya apakah AS akan siap untuk melawan jika perang memang terjadi antara Korea Selatan (Korsel) dan Korut, Jenderal Casey menjawab: “Jawaban singkatnya ya.”

Namun diimbuhkannya, militer AS mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk mengalihkan kekuatan dari perjuangan melawan teroris dan kelompok ekstrem yang saat ini dilakukan Angkatan Darat AS.

Militer Korut telah terang-terangan melontarkan ancaman perang terhadap Korsel dan secara tak langsung terhadap AS menyusul kecaman kedua negara itu atas uji coba nuklir yang dilakukan Korut.

Militer Korut bahkan menegaskan tak bisa menjamin keselamatan kapal-kapal Angkatan Laut AS dan Korsel yang berada di wilayah konflik Korea. Sebab negeri itu mengumumkan telah menarik diri dari perjanjian gencatan senjata dengan Korsel bertahun-tahun lampau.

Kalaupun Korut benar-benar melancarkan aksi militer terhadap Korsel, sudah dipastikan AS tidak akan tinggal diam. Sebab AS memiliki komitmen jangka panjang untuk pertahanan Korsel.

dtc/fid

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….