Kamis, 28 Mei 2009 11:03 WIB Ekonomi Share :

ESDM
Harga pemerintah dan Newmont berbeda jauh

Jakarta--Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, hitungan harga saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) antara versi pemerintah dan Newmont terlalu jauh.

“Hitungan pemerintah dan Newmont berbeda jauh. Kami minta agar dihitung lagi oleh tim penilai independen,” katanya usai menjadi pembicara kunci dalam seminar Peluang dan Tantangan Bisnis Gas Kota di Jakarta, Kamis (28/5).

Menurut dia, saat ini, Tim Harga Pemerintah masih menghitung harga saham Newmont.

Ia telah meminta kepada Tim menyelesaikan perhitungannya dalam minggu ini.

“Selanjutnya, dalam dua minggu ke depan bulan Juni, kami sebenarnya berharap sudah dicapai kesepakatan dengan Newmont,” katanya.

Namun, berdasarkan perhitungan sementara, harga saham versi pemerintah terlalu jauh dibandingkan Newmont.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman, jika terdapat perbedaan angka yang cukup jauh, maka negosiasi memerlukan waktu lama, sehingga perlu penilai independen buat menghitungnya.

Purnomo menambahkan, perbedaan harga tersebut bisa terjadi, karena varibel yang dipakai pemerintah dan Newmont memang berbeda.

Seperti, Newmont memasukkan cadangan di lokasi tambang Elang Dodo dan Batu Hijau Seksi 7 dalam perhitungan aset, sementara pemerintah tidak.

Arbitrase internasional pada 31 Maret 2009 memutuskan NNT wajib mendivestasikan 17 persen saham divestasi tahun 2006 hingga 2008 dalam waktu 180 hari atau hingga 26 September 2009.

Perinciannya adalah tiga persen saham 2006, tujuh persen saham 2007, dan tujuh persen saham 2008.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…