Rabu, 27 Mei 2009 14:43 WIB Internasional Share :

Korut ancam AS dan Korsel

Pyongyang–Korea Utara (Korut) berang pada Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel). Korut bahkan mengancam kedua negara itu.

Kemarahan Korut dikarenakan keikutsertaan Korsel dalam program Proliferation Security Initiative (PSI) pimpinan AS. Program antiproliferasi itu untuk mencegat kapal-kapal yang diduga mengangkut senjata pemusnah massal.

Pemerintah Korsel pada Selasa, 26 Mei kemarin mengumumkan untuk bergabung dalam PSI guna menghentikan perdagangan senjata pemusnah massal. Keputusan itu disampaikan Korsel setelah Korut melakukan uji coba nuklir.

Korut mencetuskan, keputusan Korsel itu sama dengan deklarasi perang. Korut juga tidak akan menjamin keselamatan kapal-kapal Angkatan Laut AS dan Korsel yang berlayar di wilayah konflik dekat perbatasan laut Korea barat.

“Setiap tindakan permusuhan sekecil apapun terhadap republik kami, termasuk pencegatan dan penggeledahan kapal-kapal kami… akan menghadapi aksi militer yang kuat dan cepat sebagai responsnya,” demikian statemen perwakilan militer Korut seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (27/5).

“Militer kami tidak akan lagi terikat pada perjanjian gencatan senjata karena kepemimpinan AS saat ini telah menyeret boneka-boneka (Korsel) ke dalam PSI,” demikian statemen yang disampaikan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Ditegaskan Korut, jika gencatan senjata dua Korea tidak lagi mengikat, “semenanjung Korea akan kembali pada keadaan perang.”

“Mereka yang telah memprovokasi kami akan menghadapi hukuman tanpa ampun yang tak terbayangkan,” tegas Korut.

dtc/fid

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…