Rabu, 27 Mei 2009 16:15 WIB News,Feature Share :

Din Syamsudin
Sama seperti HP, FB tak perlu haram

Yogyakarta–Para ulama dinilai tidak perlu mengeluarkan fatwa haram atau tidaknya facebook. Sebab facebook hanyalah alat komunikasi, seperti halnya handphone. Positif dan negatif tergantung penggunanya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PP Muhammdiyah Dien Syamsuddin usai rapat konsultasi dan koordinasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiah se-Indonesia di kantor PP Muhammadiyah, Jl Cik Di Tiro, Yogyakarta, Rabu (27/5).

“Masalah facebook itu tidak bisa dilihat dengan menggunakan satu sisi dengan fiqih atau dengan kacamata kuda,” kata Din.

Din mengaku dirinya juga menggunakan facebook untuk berkomunikasi. Bahkan dirinya juga sudah mempunyai 3 buah account karena saking banyaknya jalinan pertemanan. Bahkan dia juga membuat jalinan khusus warga Muhammadiyah saja.

“Saya merasakan banyak manfaatnya dari facebook. Soal isu haram atau tidak itu tidaklah tepat,” katanya.

Oleh karena itu, dia berpendapat ulama tidak perlu mengeluarkan fatwa haram untuk facebook. Lebih baik para ulama fokus pada hal-hal yang bersifat startegis dan menyentuh pada kesejahteraan umat.

dtc/fid

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…