Selasa, 26 Mei 2009 18:04 WIB Ekonomi Share :

Pemerintah bentuk lembaga penjamin infrastruktur

Jakarta–Pemerintah akhirnya telah membentuk sebuah lembaga penjamin infrastruktur (Guarantee Fund). Peraturan Pemerintah (PP) pembentukan lembaga ini sudah diterbitkan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu ketika ditemui di kantor Menteri Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (26/5).

“Jadi guarantee fund ini sudah dibentuk dengan modal awal Rp 1 triliun, dia akan berada di belakang SMI (Sarana Multi Infrastruktur) sebagai lembaga pembiayaan infrastruktur pemerintah,” tuturnya.

Selain modal awal Rp 1 triliun, lembaga penjamin infrastruktur ini juga mendapat dukungan dari lembaga-lembaga multilateral seperti Bank Duni, ADB (Asian Development Bank), IDB (Islamic Development Bank), dan juga dari Jepang.

Tujuan pembentukan lembaga ini adalah untuk menjamin risiko-risiko yang muncul dalam proyek-proyek infrastruktur yang ada. “Sehingga investor dapat lebih berminat untuk investasi di infrastruktur,” jelas Anggito.

Risiko-risiko yang sering muncul dalam proyek infrastruktur dikatakan Anggito adalah seperti risiko tanah, risiko pembiayaan, dan risiko peraturan.

“Lembaga ini akan berjalan setelah pemerintah memilih pengurus dari lembaga ini. PP pendirian lembaga ini sudah terbit sekitar satu atau dua minggu yang lalu,” pungkasnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áDalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…