Selasa, 26 Mei 2009 20:31 WIB Solo Share :

Naskah yang berada di UI merupakan satu set kamus Bahasa Jawa-Belanda

Solo (Espos)–Sebanyak 29 jilid naskah yang diduga berada di Universitas Indonesia (UI) merupakan satu set kamus Bahasa Jawa-Belanda Bausastra Jawi-Walandi) yang dikarang CF Winter dan JA Wilkens. Nakah-naskah tersebut diperkirakan disalin oleh sebanyak tujuh orang di Solo pada tahun 1860-an.

Persoalan tersebut tercatat dalam Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 3-A, Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Yayasan Obor Indonesia Ecole Francaise D”extreme Orient, Jakarta, 1997, tepatnya halaman 38-40 yang disunting TE Behrend dan Titik Pudjiastuti.

Dalam salinan tiga halaman buku yang dikirimkan Profesor Kajian Indonesia dan Jawa Departement of Asian Languages & Cultures University of Michigan Amerika Serikat, Nancy K Florida melalui email ke Espos, Selasa (26/5), juga menerangkan bahwa satu set kamus tersebut seharusnya memuat aksara tha dan nga.

Namun jilid-jilid terakhir tersebut tidak ada pada koleksi Fakultas Sastra UI (FSUI) yang sekarang menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIPB) UI. Buku tersebut menerangkan, satu set naskah ini sebelumnya tersimpan di Koleksi Radya Pustaka Solo dan diindikasikan dibeli FSUI pada tahun 1977 dari GPH Hadiwijaya yang saat itu menjabat sebagai Kepala Museum Radya Pustaka.

Naskah-naskah ini juga sempat disalin di Solo oleh sebanyak tujuh orang lebih, tetapi umumnya satu jilid digarap satu orang sekitar tahun 1860-an, yakni beberapa tahun setelah Winter meninggal. Kertas yang terpakai pada jilid pertama berasal dari Pabrik Wed Locke & Zn yang cocok dengan penanggalan tahun 1860-an (3,17).

CF Winter dan JA Wilkens merupakan pengarang yang menyusun data leksikografis tentang Bahasa Jawa selaam periode tahun 1840-an dan 1850-an di Solo. Setelah wafatnya Winter pada tahun 1859, Wilkens meneruskan penelitian serta penyusunan kamus ini, hingga akhirnya mewujudkan sebuah kamus yang mencapai 43 jilid dengan rata-rata 220-an halaman per jilid.
trh

LOWONGAN PEKERJAAN
Editor Biologi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…