Senin, 25 Mei 2009 12:00 WIB Feature,Pendidikan Share :

UNS masuk 8 universitas di Indonesia terbaik di Asia

Solo (Espos)–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masuk universitas terbaik dari 200 universitas terbaik se-Asia menurut laporan The Higher Education Suplement-Quacquarelli Symonds (THES QS) Asia, Mei 2009. UNS berada di delapan universitas di Indonesia terbaik yang masuk ranking 200 besar di Asia.

“Peringkat UNS sejajar dengan UNDIP Semarang dan berada diatas UNBRAW Malang,” kata Rektor UNS Prof.Dr.Much Syamsulhadi,dr.Sp.Kj(K). di kampus Kentingan Solo, Senin (25/5).

Daftar delapan universitas di Indonesia yang masuk dalam 200 peringkat Asia, yaitu Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat 50, Universitas Gajah Mada (UGM) peringkat 63, Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat 80, Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat 119, Universitas Airlangga (UNAIR) peringkat 130 , UNiversitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Diponegoro (UNDIP) sama-sama menempati peringkat 171 dan Universitas Brawijaya (UNBRAW) peringkat 191.

Peringkat tersebut disusun dengan menilai kualitas penelitian, sitasi dalam jurnal internasional, kualitas pembelajaran di fakultas, angka mahasiswa dan tenaga pengajar asing di UNS dan angka dosen UNS yang aktif di universitas luar negeri, serta keterlibatan alumni UNS di lembaga-lembaga atau industri dunia.

“Prestasi UNS tersebut terkait erat dengan kebijakan internasional Rektor UNS yang diimplementasikan oleh Pembantu Rektor IV melalui pembentukan Taskforce THES QS- International Office yang sudah mulai bekerja pada pertengahan tahun 2008 dan mendaftarkan tahun 2009,” katanya.

Untuk selanjutnya, UNS akan ikut serta dalam pemeringkatan dunia. Salah satu bukti lainnya, adalah dengan diterimanya 23 orang dosen UNS untuk menempuh program S-3 di luar negeri dengan biaya DIKTI, mereka akan berangkat 2009, ke beberapa universitas di Eropa, Australia dan Asia.

Salah satu standar pemeringkatan yang dijadikan acuan, adalah hasil penilaian yang dilakukan lembaga pemeringkatan universitas melalui THES-QS. Lembaga yang berpusat di London ini setiap tahun menerbitkan buku panduan untuk mahasiswa pencari universitas di dunia.
“Tahun ini THES-QS juga menerbitkan pemeringkatan universitas terbaik di Asia,” kata Rektor UNS.

fid/ant

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…