News
Minggu, 24 Mei 2009 - 13:40 WIB

5.000 Pohon ditanam di Situ Gintung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Sebanyak 5.000 pohon ditanam di sepanjang area Situ Gintung, Tangerang, Banten. Penanaman ini merupakan aksi protes atas rencana mengecilkan area situ yang jebol dan menewaskan hampir 100 orang tersebut.

Penanaman dilakukan oleh warga sekitar, aktivis LSM dan mahasiswa, Minggu (24/5). LSM yang ikut dalam aksi penanaman itu antara lain Walhi, LBH Jakarta, Jenggala, ICEL, Marba Foundation dan Jenggala. Sementara mahasiswa antara lain dari Universitas Trisakti, UIN Syarif Hidayatullah dan Unpad.

Advertisement

Penanaman pohon dilakukan mulai pukul 09.00 WIB dan direncanakan selesai pukul 13.00 WIB. Setelah penanaman pohon, akan dilanjutkan penandatanganan spanduk yang berisi penolakan atas rencana pengecilan luas kawasan Situ Gintung.

“Kita mau mendesak pemerintah untuk melakukan reboisisasi, kalau ada pengecilan akan kita lawan bersama masyarakat,” kata Andi Sahrandi, dari LSM Jenggala.

Menurut informasi masyarakat, Situ Gintung akan dikecilkan 50 persen dari luas semula 21 hektar. Diingatkan Andi, pengecilan Situ Gintung akan menyebabkan banjir jika hujan.

Advertisement

“Kita melakukan tindakan preventif dengan cara menanam 5 ribu pohon di sekitar situ supaya nanti tidak banjir lagi,” tambah Admawinata, dari Universitas Trisakti.


Sumber: dtc/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pohon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif