Sabtu, 23 Mei 2009 20:23 WIB Hukum Share :

Napi meninggal akibat terinfeksi HIV

Yogyakarta–Trio Laksono (27), narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Narkoba Yogyakarta, Sabtu (23/5) meninggal dunia akibat sakit terinfeksi virus HIV.

Menurut Kepala LP Narkoba Yogyakarta Bambang Haryo, napi penduduk Sumbergiri, Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dinyatakan positif terinveksi HIV, dan meninggal pada Sabtu pagi.

“Kondisi kesehatannya terus menurun setelah terdeteksi terinfeksi virus HIV,” kata Bambang yang menjabat kepala LP Narkoba Yogyakarta yang baru berdiri sekitar 2007 yang berlokasi di Pakem, Kabupaten Sleman, DIY itu.

Ia mengatakan napi tersebut kondisinya terus menurun, dan pada Sabtu pagi meninggal, meskipun tim dokter LP setempat telah berupaya untuk menolong jiwanya.

Menurut dia, Trio Laksono menghuni LP Narkoba Yogyakarta sejak delapan bulan lalu setelah dipindahkan dari LP Wirogunan Yogyakarta.

“Napi ini diketahui terinveksi HIV setelah beberapa waktu lalu dilakukan konseling serta tes kesehatan para napi,” katanya.

Bambang Haryo mengatakan Trio Laksono divonis hukuman penjara selama 10 tahun dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

“Trio ditangkap dalam kasus narkoba sekitar pertengahan Oktober 2007 dengan barang bukti berupa ganja dan sabu-sabu serta bong (alat hisap sabu-sabu, red)” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…