Sabtu, 23 Mei 2009 21:43 WIB Feature,News Share :

Kartunis Solo pimpin Pakarti

Solo (Espos)--Kartunis Solo, Is Ariyanto, didaulat menjadi Ketua Umum Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) periode 2009-2014. Sedangkan posisi Wakil Ketua, dipercayakan kepada Mullie, kartunis dari Salatiga.

Ketua Solo Kartunis (Sloki) ini terpilih dalam pertemuan terbatas (Tuntas) 2009, yang dihadiri perwakilan sejumlah kartunis dari Jawa Tengah, yang digelar di Galerry Kayoe, Kembang Arum, Salatiga, Sabtu (23/5).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Tim Pemilihan Ketua Umum (TPKU) Pakarti yang diketuai oleh Pramono R Pramoedjo untuk memilih Ketua Umum Pakarti periode 2009-2014. Pertemuan dihadiri perwakilan sejumlah kartunis dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, yaitu Pramono R Pramoedjo (Salatiga), Darminto M Sudarmo, Koesnan Hoesi (Semarang), Pamudji (Ambarawa), Praba Pangripta (Yogyakarta), Mullie (Salatiga), Nassirun (Purwokerto) dan sejumlah kartunis lainnya.

Sementara menurut Is Ariyanto, kepengurusan Pakarti periode 2004-2009 yang diketuai Jango Pramertha (kartunis dari Bali) telah selesai Maret 2009. Untuk mempersiapkan pergantian pengurus baru, TPKU Pakarti telah mengadakan penjaringan calon Ketua Umum Pakarti pada awal Maret lalu.

“Lima orang kadindat calon Ketua Pakarti yang masuk dalam penjaringan tersebut adalah Is Ariyanto, Anwar Rosyid (Pakarti Jakarta), Pamudji (Karamba Ambarawa), Bagong Subardjo (Pakyo Yogyakarta) dan Itos Budi Santoso (Kokkang Kendal),” ungkap Is kepada Espos, Sabtu (23/5).

Sedangkan untuk serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru Pakarti belum dapat dilakukan karena Jango Pramertha, Ketua Umum sebelumnya tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut.

“Kebetulan hari ini Mas Jango Pramertha ada kegiatan adat Bali yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi untuk pelantikan dilaksanakan lain waktu,” kata Is, yang juga kartunis di Harian SOLOPOS.

Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) berdiri sejak 13 Desember 1989, sebagai satu-satunya lembaga milik kartunis Indonesia yang terdaftar di lembaga pemerintah dan dikenal oleh komunitas kartun dari berbagai negara. Is berharap mendapatkan saran dan masukan dari para kartunis di Indonesia.

“Mohon bimbingan dan masukan, juga saran-saran dari para kartunis agar saya dapat menjalankan tugas sebagai Ketua Umum dengan baik,” ungkapnya.

Untuk jangka pendek, Is akan mengelar pameran kartun 3 dimensi/multidimensi. Yaitu semacam pameran kartun instalasi dan kegiatan melukis kartun di kanvas.

“Selain itu, menggiatkan kartunis-kartunis Indonesia untuk mengikuti lomba-lomba kartun tingkat internasional.”

iik

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…