Sabtu, 23 Mei 2009 21:43 WIB News,Feature Share :

Kartunis Solo pimpin Pakarti

Solo (Espos)--Kartunis Solo, Is Ariyanto, didaulat menjadi Ketua Umum Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) periode 2009-2014. Sedangkan posisi Wakil Ketua, dipercayakan kepada Mullie, kartunis dari Salatiga.

Ketua Solo Kartunis (Sloki) ini terpilih dalam pertemuan terbatas (Tuntas) 2009, yang dihadiri perwakilan sejumlah kartunis dari Jawa Tengah, yang digelar di Galerry Kayoe, Kembang Arum, Salatiga, Sabtu (23/5).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Tim Pemilihan Ketua Umum (TPKU) Pakarti yang diketuai oleh Pramono R Pramoedjo untuk memilih Ketua Umum Pakarti periode 2009-2014. Pertemuan dihadiri perwakilan sejumlah kartunis dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, yaitu Pramono R Pramoedjo (Salatiga), Darminto M Sudarmo, Koesnan Hoesi (Semarang), Pamudji (Ambarawa), Praba Pangripta (Yogyakarta), Mullie (Salatiga), Nassirun (Purwokerto) dan sejumlah kartunis lainnya.

Sementara menurut Is Ariyanto, kepengurusan Pakarti periode 2004-2009 yang diketuai Jango Pramertha (kartunis dari Bali) telah selesai Maret 2009. Untuk mempersiapkan pergantian pengurus baru, TPKU Pakarti telah mengadakan penjaringan calon Ketua Umum Pakarti pada awal Maret lalu.

“Lima orang kadindat calon Ketua Pakarti yang masuk dalam penjaringan tersebut adalah Is Ariyanto, Anwar Rosyid (Pakarti Jakarta), Pamudji (Karamba Ambarawa), Bagong Subardjo (Pakyo Yogyakarta) dan Itos Budi Santoso (Kokkang Kendal),” ungkap Is kepada Espos, Sabtu (23/5).

Sedangkan untuk serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru Pakarti belum dapat dilakukan karena Jango Pramertha, Ketua Umum sebelumnya tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut.

“Kebetulan hari ini Mas Jango Pramertha ada kegiatan adat Bali yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi untuk pelantikan dilaksanakan lain waktu,” kata Is, yang juga kartunis di Harian SOLOPOS.

Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) berdiri sejak 13 Desember 1989, sebagai satu-satunya lembaga milik kartunis Indonesia yang terdaftar di lembaga pemerintah dan dikenal oleh komunitas kartun dari berbagai negara. Is berharap mendapatkan saran dan masukan dari para kartunis di Indonesia.

“Mohon bimbingan dan masukan, juga saran-saran dari para kartunis agar saya dapat menjalankan tugas sebagai Ketua Umum dengan baik,” ungkapnya.

Untuk jangka pendek, Is akan mengelar pameran kartun 3 dimensi/multidimensi. Yaitu semacam pameran kartun instalasi dan kegiatan melukis kartun di kanvas.

“Selain itu, menggiatkan kartunis-kartunis Indonesia untuk mengikuti lomba-lomba kartun tingkat internasional.”

iik

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…