Jumat, 22 Mei 2009 10:53 WIB Feature,News Share :

Perkembangan agama alami pertemuan spesifik

Denpasar—--Perkembangan dan perjalanan agama dalam memasuki berbagai negara di belahan dunia, senantiasa mengalami pertemuan yang spesifik dengan bangsa-bangsa yang masing-masing telah memiliki kebudayaan awal.

“Yang terjadi adalah `pencerapan` agama-agama `besar` secara spesifik oleh para pendukung berbagai kebudayaan awal itu. Dalam hal ini dapat dikatakan, terjadi resepsi agama dalam budaya,” kata Prof Dr Edi Sedyawati dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Sanur, Bali, Jumat (22/5).

Ketika tampil sebagai pembicara pada Seminar Nasional terkait Temu Karya Ilmiah dan Lomba Keterampilan Akademik Keagamaan Perguruan Tinggi Hindu se Indonesia, Ia menambahkan, dalam “resepsi agama dalam budaya” itu dapat diasumsikan terjadi beberapa kemungkinan suatu agama (baru) bisa diterima sepenuhnya dan ditambahkan pada substansi budaya yang telah ada.

Selain itu, katanya, bisa juga suatu agama baru diterima sepenuhnya dan mengubah substansi budaya yang telah ada.

Dengan demikian, menurut dia, agama baru tersebut diterima sangat selektif, serta ditambahkan pada substansi budaya yang ada.

Guru Besar Universitas Indonesia menjelaskan, substansi dari agama yang “dikenai” resepsi dalam budaya tersebut terdiri atas ajaran-ajaran dasar berkenaan dengan konsep ke-Tuhan-an, proses, struktur alam dan dunia manusia.

Selain itu, katanya, juga menyangkut praktek dasar pelaksanaan ibadah, perilaku sosial serta benda-benda khusus yang digunakan dalam pelaksanaan hidup beragama.

Mantan Dirjen Kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional itu menambahkan, aspek-aspek sosial dapat dikaji dalam berbagai konteks yang dibatasi oleh wilayah maupun waktu.

“Aspek sosial lainnya juga dapat dipelajari secara sinkronik maupun diakronik,” ujar Edi Sedyawati.

ant/fid

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…