Jumat, 22 Mei 2009 18:26 WIB Ekonomi,Klaten Share :

Akhir Juni, puncak order seragam sekolah

Klaten (Espos)—–Menjelang Tahun Ajaran Baru (TAB) tahun 2009/2010, pada akhir Juni sampai awal Juli diperkirakan menjadi puncak order seragam sekolah. Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Kabupaten Klaten, Ir Hj Herawati W, MM mengatakan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, order seragam sekolah memang terjadi pada akhir Juni-awal Juli.

“Puncak order seragam sekolah yaitu pada akhir Juni sampai awal Juli. Kalau untuk pesanan seragam sekolah selain menjelang tahun ajaran baru biasanya hanya sedikit-sedikit. Saat ini memang sudah ada beberapa sekolah yang mulai memesan seragam sekolah,” kata Hera saat ditemui Espos, Jumat (22/5).

Hera menuturkan, pesanan seragam sekolah termasuk dalam kategori musiman yaitu pada masa-masa tahun ajaran baru. Biasanya, kata dia, seragam sekolah sudah diterima siswa pada pertengahan Juli.

Dia menambahkan, untuk wilayah yang banyak mendapat pesanan seragam sekolah di Kabupaten Klaten yaitu di Kecamatan Wedi, Kecamatan Gantiwarno dan sejumlah daerah di Kecamatan Jogonalan serta Kecamatan Cawas. Hera menuturkan, harga seragam tersebut bervariasi dan kadang ada sekolah yang memesan seragam seharga Rp 100.000/tiga stel seragam.

Dia menyampaikan, untuk order seragam sekolah yang datang ke Klaten antara lain dari Solo, Sukoharjo, Yogyakarta, Jombang, Aceh, Manado dan sebagainya.
Pada kesempatan itu, Hera mengaku sebenarnya sangat mendambakan adanya pemberdayaan pengusaha kecil konveksi. Dia mencontohkan di satu wilayah ada pihak yang mengkoordinir dan ada tempat-tempat yang khusus mengerjakan satu bidang. Misalnya, untuk obras, potong kain, menjahit, plisket, pasang kancing dan sebagainya.

nad

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…