Kamis, 21 Mei 2009 20:08 WIB Sukoharjo Share :

Enam korban Hercules dimakamkan di Sukoharjo

Sukoharjo (Espos)–Sebanyak enam warga Sukoharjo ikut menjadi korban kecelakaan pesawat terbang Hercules yang jatuh dan terbakar di wilayah Magetan, Rabu (20/5) lalu. Lima orang di antaranya tewas sedangkan satu orang sisanya terluka dan masih dirawat intensif di rumah sakit Sadono Madiun.

Keterangan yang dihimpun Espos, Kamis (21/5), menyebutkan, korban tewas terdiri dari Samini, 34, warga Dukuh Jambu RT 01/RW I, Desa Dalangan, Tawangsari beserta dua orang anaknya, David Airlangga, 9 dan Chandra Kirana, 3 bulan; Agus Sartono, 35, warga Gamping RT 02/RW IV, Kelurahan Joho, Sukoharjo serta Kopda Erwin Syah Sirait, 35, warga Perum Damar Agung Blok CN 7, Gumpang, Kartasura.

Sedangkan korban yang terluka dan masih dirawat di rumah sakit adalah Suwarsito, 42, warga Sanggrahan, Kelurahan Joho, Sukoharjo. Menurut salah seorang kerabat almarhum Agus Sartono, Suharno, 34, Agus berangkat ke Jakarta pada Selasa (19/5), dalam satu rombongan. Rencananya, mereka menumpang pesawat Hercules menuju Wamena Papua.

“Adik kami (Agus Sartono) berangkat ke Jakarta naik kereta api bersama Samini, dua anaknya serta kedua kerabat kami, Suwarsito dan Untung, warga Demak. Mereka berangkat bersama-sama dari Sanggrahan, Joho, Sukoharjo ke Stasiun Balapan Solo menggunakan mobil carteran,” jelasnya saat dijumpai wartawan sebelum upacara pemakaman.

Menurut Suharno, almarhum Agus yang sudah beberapa tahun menetap di Wamena berserta isteri dan dua anaknya memang kerap bolak-bolik Sukoharjo-Wamena untuk menjalankan bisnis penjualan sepatu. Selain menggunakan penerbangan komersil, Agus kadangkala menumpang pesawat TNI yang sedang ada jadwal penerbangan ke Wamena.

“Biasanya ada informasi dari saudara serta teman di Wamena kalau ada pesawat TNI yang akan berangkat ke sana,” jelasnya.

Pada bagian lain, kakak almarhum Samini, Sukarno Raharjo, 52, menuturkan, untuk berangkat ke Wamena menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma, sang adik mengeluarkan biaya Rp 1,7 juta per orang. Menurutnya, angka tersebut jauh lebih murah dibandingkan penerbangan komersil yang harga tiketnya mencapai Rp 2,3 juta per seat.

Pantauan Espos, korban Samini, David serta Chandra dimakamkan di areal permakaman Dukuh Jambu sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan jenazah Agus Sartono dimakamkan di areal permakaman di Joho. Di lokasi terpisah, ratusan pelayat tampak melepas kepergian para korban tewas.

Sementara, saat dikonfirmasi via telepon, Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Ign Indra Surya membenarkan ada enam warga Sukoharjo yang menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Hercules. Satu orang di antaranya anggota TNI, sedangkan sisanya warga sipil.

rei

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…