Rabu, 20 Mei 2009 21:27 WIB News Share :

TNI AU
Hercules A-1325 baru setahun diremajakan

Jakarta–Komandan Pemeliharaan Material TNI Angkatan Udara Marsekal Muda Sunaryo mengatakan, pesawat Hercules C-130 bernomor A-1325, yang jatuh di Magetan, Rabu (20/5) pagi, baru selesai menjalani peremajaan setahun lalu di Depo Pemeliharaan 10 Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung. “Setelah setahun menjalani peremajaan mesin, pesawat sudah memakan 800 jam terbang. Jadi, pesawat¬† masih sangat layak untuk diterbangkan,” kata Sunaryo, di Jakarta, Rabu.

Sunaryo mengatakan, Mabes TNI AU memiliki program peremajaan (retrovit) terhadap sembilan unit Hercules yang dimilikinya. Empat di antaranya telah selesai diremajakan di Singapore Technical Industry (STI) Singapura. Dalam program itu TNI AU sekaligus mengirimkan teknisi untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemeliharaan dan perbaikan pesawat Hercules. “Sedangkan yang lima unit lainnya tengah menjalani proses peremajaan di tempat yang sama,” katanya. Peningkatan kemampuan pesawat Hercules TNI AU yang dilakukan di Singapura mencakup perbaikan airframe (badan pesawat), modifikasi avionik dan modifikasi mesin.

Peremajaan juga akan dilakukan di Depo Pemeliharaan 30 Pangkalan Udara Abdurrahman Saleh yang mencakup peningkatan kemampuan mesin dari T56-7 ke T56-15 atau ditingkatkan dari tipe B ke tipe H. Sementara itu, peningkatan kemampuan yang dilakukan di Depo Pemelihartaan 10 Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung, mencakup perbaikan badan pesawat dan modifikasi avionik. Peningkatan kemampuan dua Hercules di Depo 10 dan 30 sudah dilakukan sepenuhnya oleh teknisi-teknisi TNI AU yang sebelumnya dikirim ke Singapura.

Sunaryo menjelaskan, ada tiga tipe pesawat Hercules yang dimiliki TNI AU yakni B, H dan LB yang memiliki tipe mesin yang berbeda-beda. TNI AU memprogramkan untuk menyeragamkan tipe mesin ketiga tipe pesawat Hercules tersebut. Pesawat C-130 Hercules A-1325 yang kecelakaan itu merupakan pesawat pertama yang menjalani peremajaan mesin. Hal yang sama juga telah dilakukan pada C-130 Hercules A-1327 dan menyusul A-1328. ant/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…