Soloraya
Sabtu, 18 April 2009 - 20:59 WIB

Peta politik legislatif Klaten semakin berwarna

Redaksi Solopos.com  /  Aksara Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)—-Peta politik legislatif di wilayah Klaten semakin berwarna. Bila lembaga legislatif tersebut pada periode 2004-2009 diwarnai oleh delapan partai politik (Parpol), kini jumlahnya bertambah menjadi 10 Parpol.

Berdasarkan pleno perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu (18/4), kesepuluh Parpol tersebut terdiri dari tujuh pemain lama dan tiga pemain baru.

Advertisement

Parpol incumbent yang pada periode sebelumnya berkuasa dan kini tergusur adalah Partai Merdeka.

10 Parpol yang bakal menghiasi kursi legislatif periode 2009-2014 adalah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Matahari Bangsa (PMB).

“Pada hari ini, hasil pleno perhitungan suara disepakati. Setelah dilakukan secara marathon sejak Jumat (17/4),” kata

Advertisement

Ketua KPU Klaten Ngatmin Sumarto P kepada wartawan usai menyelesaikan pleno tersebut di KPU setempat.

Dari perhitungan tersebut, PDI Perjuangan tetap mendominasi perolehan kursi parlemen dengan 15 kursi. Kendati demikian perolehan tersebut menurun dari tahun sebelumnya. Perolehan terbesar kursi berasal dari daerah pemilihan (Dapil) V meliputi Bayat, Cawas, Trucuk, Pedan, Karangdowo, dengan empat kursi.

“Banyak kader kami yang masih kesulitan melakukan pencontrengan,” kata DPC Ketua PDI Perjuangan Klaten Hartini.

Advertisement

Sementara Partai Golkar mendapatkan respons positif masyarakat dengan tambahan tiga kursi dari periode sebelumnya menjadi 10 kursi pada periode kali ini.

Pengurangan kursi justru terjadi pada Parpol berbasis agama, seperti PKB. Pada periode sebelumnya, PKB mampu meraup empat kursi, namun kali ini, mereka hanya bisa mendapatkan satu kursi.

Oleh: Heriyono Adi Anggoro

Advertisement
Kata Kunci : KPU Klaten
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif