SOLOPOS.COM - Ketua Bappilu DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Bambang Riyanto. (

Solopos.com, SUKOHARJO – Partai Gerindra membuka pintu bagi kader internal partai untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024. Partai berlambang kepala garuda ini harus berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain agar bisa mengusung pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup).

Saat ini, belum ada satu pun partai yang telah memberikan rekomendasi cabup-cawabup dalam Pilkada Sukoharjo. Masing-masing pengurus parpol tengah melakukan penjajakan sekaligus penjaringan figur potensial yang layak menjadi calon kepala daerah masa depan di Kabupaten Jamu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Partai Gerindra Sukoharjo diproyeksikan menambah satu kursi di DPRD Sukoharjo jadi enam kursi hasil Pemilu 2024. Meski bertambah, namun jumlah kursi itu belum cukup bagi Partai Gerindra untuk bisa mengusung sendiri pasangan cabup-cawabup. Sesuai ketentuan, parpol atau gabungan parpol minimal punya 9 kursi atau 20% suara sah untuk bisa mengusung pasangan calon.

“Harapan kami ada kader internal partai yang maju dalam pilkada. Apalagi, perolehan suara Partai Gerindra di Sukoharjo pada Pemilu 2024 cukup signifikan. Tidak menutup kemungkinan, kader internal terbaik dan potensial maju menjadi cabup-cawabup,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Bambang Riyanto, Kamis (25/4/2024).

Termasuk melakukan penjaringan tokoh yang berniat maju sebagai bakal cabup-cawabup dalam pilkada. Tentunya, pengurus partai akan menyerap aspirasi dan masukan dari para kader partai di tataran level bawah dan masyarakat akar rumput atau grass root.

Bupati Sukoharjo periode 2000-2010 ini megatakan terus menjalin komunikasi dengan parpol lain untuk membentuk berkoalisi agar bisa mengusung pasangan cabup-cawabup.

“Dalam koalisi partai harus menekankan pada kesepakatan bersama. Menyamakan visi dan misi agar selalu kompak dan solid dalam menjalani tahapan pemilu. Kalau sekarang masih sangat cair ya. Komunikasi politik dengan partai lain tetap dilakukan,” ujar dia.

Salah satu figur potensial kader internal Partai Gerindra yang didorong maju sebagai cabup-cawabup yakni Eko Sapto Purnomo. Pria yang akrab disapa Sapto ini adalah politikus muda yang memegang dua posisi strategis, yakni Sekretaris DPC Partai Gerindra dan Wakil Ketua DPRD Sukoharjo,

Sepak terjang Sapto di kancah politik daerah tak perlu diragukan lagi. Pada Pemilu 2024, Sapto menjadi calon anggota legislatif (caleg) peraih suara terbanyak, yakni 13.684 suara di daerah pemilihan (Dapil) 4 yang meliputi Kecamatan Polokarto dan Mojolaban.

Gelombang dukungan dari para kelompok relawan dan masyarakat kepada Sapto agar maju sebagai cabup terus mengalir. Mereka mendorong agar Sapto meneruskan tongkat estafet kepemimpinan di Sukoharjo.

“Esensi pilkada menjadi bagian dari memilih calon pemimpin yang berkualitas dan baik. Saya berharap pilkada berjalan dengan damai dan saling menghormati perbedaan,” kata Sapto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya